Laptop tentunya dapat terinfeksi virus yang merupakan hal paling memungkinkan dan tidak bisa dihindari. Jika laptop kamu sudah terinfeksi virus, biasanya akan menyebabkan performa nya menjadi lambat, file yang hilang/corrupt.

Apakah kalian mengetahui apa saja jenis-jenis virus yang bisa menginfeksi laptop atau komputer? Jika belum, yuk simak penjelasan artikel berikut ini.

  1. Virus Worm

Sebenarnya virus worm ini merupakan virus yang tidak terlalu berbahaya, tetapi jika dibiarkan akan membuat memori penyimpanan pada laptop menjadi cepat penuh dan sistem pada laptop menjadi rapuh. Virus worm juga dapat membuat file acak yang tidak berguna dan akan menggunakan memori laptop sehingga cepat penuh.

  1. Virus Trojan

Virus ini memiliki kemampuan untuk mengontrol, mengendalikan bahkan mencuri data yang ada di laptop kamu. Proses menginfeksi nya sama seperti virus worm yang berasal dari penggunaan jaringan internet

  1. Virus Spyware

Virus spyware merupakan software yang diunggah secara rahasia oleh hacker untuk mengintai korban atau pengguna yang menjadi target. Virus ini bisa dibilang menjadi kategori dalam virus yang cukup berbahaya karena pengguna bisa mengalami kerugian atas pencurian data.

  1. FAT Virus

File Allocation Table (FAT Virus) adalah virus yang memiliki kemampuan untuk merusak file-file tertentu. Selain itu, virus ini juga memiliki kemampuan untuk bersembunyi di tempat penyimpanan data pribadi. FAT bisa menyembunyikan file penting seakan-akan file tersebut hilang.

  1. Multipartite Virus

Multipartite virus biasanya bersembunyi di dalam RAM yang dapat menginfeksi sistem operasi dalam beberapa program tertentu. Jika virus ini dibiarkan dan tidak ditangani maka akan merambah pada hard disk. Virus ini mampu menyerang laptop dengan cepat. Hal ini akan membahayakan kesehatan RAM dan hard disk laptop.

Nah kalian sudah mengetahui jenis-jenis virus yang menginfeksi laptop, semoga informasi ini dapat membantu kamu ya sahabat techie.