Motherboard adalah perangkat keras yang penting, berfungsi untuk menyusun sebuah sistem. Fungsi utamanya adalah sebagai tempat rangkaian sistem komputer disusun, yaitu prosesor, chipset, RAM, harddisk, VGA, LAN CARD, dan juga sockter serta slot lain dari laptop.

Tetapi jika motherboard rusak, tentunya laptop menjadi terganggu, artikel kali ini akan membahas mengenai ciri-ciri motherboard yang rusak, yuk simak.

  1. Laptop Overheat

Salah satu ciri motherboard rusak adalah laptop yang cepat panas. Jangka waktu yang normal laptop panas adalah ketika laptop sudah digunakan lebih dari 3 jam.

  1. Kipas Prosesor Tidak Bisa Beroperasi

Jika kamu memiliki masalah ini, hal ini terjadi karena motherboard yang tidak mampu memberikan aliran listrik ke kipas, sehingga tidak dapat beroperasi dengan seharusnya.

  1. Munculnya Suara Beep dan Masalah Pada BIOS

Jika laptop kamu muncul suara beep berulang kali, maka terdapa kemungkinan motherboard kamu sedang rusak. Cara memastikannya, kamu harus melakukan pengecekan secara manual pada ahlinya dan melihat komponen mana yang mengalami masalah.

Ciri lainnya adalah adanya kerusakan pada BIOS, seperti kamu tidak dapat masuk ke menu BIOS, stuck dan tidak bisa masuk ke sistem operasi. Cara memperbaikinya adalah dengan servis di tempat ahli, hindari memperbaiki sendiri agar kerusakan tidak menjadi lebih fatal.

  1. Mati Total

Jika laptop kamu susah untuk dihidupkan, maka hal tersebut merupakan ciri-ciri motherboard yang rusak, hal ini terjadi karena laptop terlalu lama atau terlalu sering menggunakan mode sleep.

Jika kamu mengalami masalah pada motherboard, yuk segera konsultasikan ke Pemmztechie melalui nomor ini 081717173669 (Area Jakarta Selatan) atau 081298011560 dan 082223889889 (Area Jakarta Barat).