Power Supply komputer merupakan bagian yang berfungsi untuk mensuplai daya pada keseluruhan perangkat di komputer, biasanya terletak pada casing komputer dan mempunyai bentuk persegi.

Fungsinya adalah untuk mengubah arus AC (arus bolak-bolik) ke aras DC (arus searah) yang akan memberikan daya bagi hard ware komputer seperti motherboard. Artikel artikel kali ini akan membahas mengenai jenis-jenis power supply:

  • Power Supply AT

Jenis ini merupakan komponen yang digunakan pada komputer generasi pertama, seperti komputer pentium II dan pentium III. Power Supply AT sudah hampir tidak pernah digunakan lagi pada perangkat komputer. Banyak produsen komputer yang sudah beralih pada power supply yang lebih efisien dan lebih kompleks.

Jenis power supply ini memiliki delapan terminal output yang terhubung dengan perangkat motherboard. Tombol ON dan OFF yang terdapat pada power supply AT terhubung secara langsung dengan casing sehingga pada saat mematikan komputer dilakukan dengan cara menekan tombol power.

  • Power Supply ATX

Power supply ini termasuk dalam generasi terbaru yang memiliki desain yang lebih kompleks serta pasokan energi listrik yang dinilai lebih efisien. Pengoperasiannya dapat dikontrol melalui software (perangkat lunak) yang ada pada komputer. Seperti penggunaan mode tidur atau pada saat inin mematikan komputer. Power supply jenis ini memiliki perbedaan dengan jenis AT, jenis ATX memiliki sekitar 20 sampai 24 output yang terhubung dengan perangkat motherboard.

  • Bagian dan Fungsi

Power supply unit komputer terdiri dari beberapa konektor yang bertugas sebagai output dari power supply. Setiap konektor mempunyai fungsi dan peranan yang berbeda sesuai dengan perangkat komputer yanag akan dialiri daya.

1. Konektor 20/24 pin ATX Motherboard

Merupakan konektor yang terhubung langsung dengan motherboard komputer dan memiliki fungsi untuk memberikan daya pada perangkat yang terhubung.

2. Konektor 4/8 pin 12 V

Merupakan komponen pada komputer yang berfungsi untuk memberikan suplai daya pada bagian prosesor. Komponen ini biasanya terdapat pada komputer pentium IV.

3. 6 Pin AUX Power Kabel

Konektor ini berfungsi sebagai pemberi daya pada VGA Card jenis PCIe pada saat komponen bekerja memerlukan daya lebih.

4. Konektor 4 Pin Peripheral

Konektor ini memiliki fungsi untuk memberikan supply daya bagi beberapa komponen penting pada komputer seperti hard disk, chasing fan, CD room, dan komponen penting lainnya.

5. Floppy Disc Power Kabel

Walaupun memiliki ukuran yang sangat kecil namun komponen ini merupakan bagian dari power supply yang memiliki tugas untuk memberikan daya pada floppy disc.

6. SATA Power Cable

Supply daya untuk berbagai komponen yang memiliki port SATA seperti cd room SATA atau hard disk SATA dilakukan oleh komponen power supply SATA power cable.

Jika kamu memiliki permasalahan laptop, yuk segera kunjungi Pemmztechie dan kamu juga bisa menghubungi kami di nomor 081717173669 (Area Jakarta Selatan) atau 081298011560 dan 082223889889 (Area Jakarta Barat).