Halo sahabat techie!

Salah satu komponen laptop yang sangat penting untuk diperhatikan adalah layar. Karena hal yang paling lama kita pandang saat melakukan pekerjaan di laptop adalah layar, maka sungguh penting untuk kita memilih layar yang tepat karena layar ini bisa berpengaruh bukan hanya pada keindahan namun juga pada kesehatan. 

5 hal penting yang perlu diperhatikan ketika memilih layar laptop yang tepat adalah:

1. Blue Light

Walaupun mata manusia memiliki ‘filter’ khusus yang dapat menyaring berbagai spektrum cahaya yang berbahaya, tidak semua spektrum cahaya dapat disaring dan aman untuk mata. Salah satu spektrum paling berbahaya yang tidak bisa disaring adalah sinar biru (Blue Light). Blue light ini dapat mengganggu jam dan pola tidur, menyebabkan kerusakan retina, meningkatkan risiko katarak dan menimbulkan kelelahan pada mata

Panel OLED yang ada di laptop ASUS ini memiliki fitur Eye Care yang dapat mengurangi tingkat paparan radiasi blue light pada layar hingga 70%. Dengan adanya fitur ini, kita para pengguna akan merasa lebih nyaman ketika menggunakan laptop dan dapat lebih menjaga kesehatan mata. 9 dari 10 content creator dan pakar Indonesia mengakui tidak merasakan kelelahan pada mata saat menggunakan laptop dengan layar ASUS OLED saat berkegiatan seharian.

2. Akurasi Warna (Kualitas)

Bukan hanya untuk content creator namun juga untuk para user umumnya. Warna yang akurat pada layar bisa meningkatkan pengalaman/experience saat menggunakan laptop. Menonton film, membuka social media atau membaca komik juga jadi lebih immersive dengan warna yang kaya dan penuh detail.

ASUS OLED ini diciptakan untuk para profesional yang membutuhkan tingkat reproduksi warna yang tinggi serta akurat. ASUS OLED mampu mereproduksi 100% warna pada color space DCI-P3 / setara dengan 133% warna pada color space sRGB. ASUS OLED juga memiliki standar kalibrasi warna yang tinggi dan mendapatkan sertifikasi PANTONE Validated Display.

3. Konsitensi Warna

Konsistensi warna sangatlah penting karena salah satu keuntungan laptop adalah pekerjaan bisa kita bawa kemanapun kita berada. Di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Di tempat yang minim pencahayaan maupun di tempat yang sangat terang. Layar OLED merupakan solusi bagi para pengguna laptop yang memiliki mobilitas tinggi.

Berbeda dengan layar laptop biasanya yang menggunakan 2D color gamut, ASUS OLED menggunakan 3D color gamut sebagai referensi. Dengan 3D color gamut, faktor iluminasi bertambah secara keseluruhan dan dapat memproduksi color volume 60% lebih besar dibanding layar laptop pada umumnya. Dengan color volume yang lebih besar, tingkat reproduksi warna menjadi sangat tinggi pada rentang tingkat kecerahan yang lebih luas. Tidak tanggung-tanggung, ASUS OLED bahkan tetap mampu menampilkan warna dengan jelas, kaya, serta akurat pada tingkat kecerahan rendah tidak seperti layar laptop biasa yang hanya mampu mereproduksi warna sekitar 11%.

4.Response Time

Pernah nggak nonton film action dan pas lagi seru-serunya action…ngeblur? atau ketika bermain game FPS ada ghosting yang bisa mengakibatkan lose streak. Nah dengan Response time yang lebih singkat, maka layar akan merespon dengan input lebih cepat.

Salah satu teknologi layar yang memiliki response time singkat adalah ASUS OLED. ASUS OLED dilengkapi dengan response time yang sangat singkat yaitu hingga 0,2ms atau 50 kali lebih cepat dibanding layar laptop pada umumnya. Interface dan pengoprasian laptop menjadi lebih smooth dan responsif.

5. HDR Support

Dengan dilarang dan dibatasinya orang untuk berkumpul, ditutupnya tempat hiburan, seperti gedung bioskop, membuat pecinta film mencari solusi lain untuk dapat menikmati film-film terbaru. Layanan streaming video dan bentuk hiburan digital lainnya semakin diminati di berbagai kalangan masyarakat. Berbeda dengan televisi tradisional, layanan streaming video memiliki berbagai kelebihan yang salah satunya adalah mampu menampilkan format multimedia modern seperti HDR. Jumlah konten yang disajikan dalam format HDR juga semakin banyak. 

Nah itu dia beberapa hal yang harus diperhatikan saat membeli layar ya sahabat! Jika kalian memiliki masalah pada perangkat, yuk segera konsultasikan langsung ke Pemmztechie di nomor 081717173669 (Area Jakarta Selatan) atau 081298011560 dan 082223889889 (Area Jakarta Barat), kalian juga bisa kunjungi