Halo sahabat techie,

Kalian pernah bingung nggak sih kenapa motherboard tiba-tiba rusak? apasih ciri-ciri yang bisa kita ketahui? Sebenarnya, motherboard yang rusak sulit terdeteksi karena gejalanya hampir mirip dengan gejala komponen lainnya.

Misalnya saat laptop mati total disebabkan karena motherboard rusak tetapi bisa juga terjadi karena adanya kerusakan dari CPU seperti mekanisme fail safe yang disebabkan oleh debu pada motherboard.

Untuk itu, yuk mari kenali ciri-ciri motherboard rusak, supaya kalian bisa memberikan penanganan yang cepat setelah mengetahui ciri-ciri nya! Yuk disimak:

  1. Gagal Booting

Ciri-ciri yang pertama adalah ketika komputer atau PC gagal booting dan perangkat mendapatkan peringatan error, hal tersebut terjadi karena adanya harddisk dan RAM yang tidak terbaca.

  1. Sistem Crash Tanpa Sebab

Yang kedua terdapat ciri-ciri yang bisa kamu ketahui, yaitu karena adanya crashing atau freeze tanpa alasan dengan jangka waktu yang sering dan bisa kapanpun terjadi.

  1. Perangkat Mati Tiba-tiba

Motherboard sendiri terdapat cooling pad dan motherboard juga dapat mendeteksi suhu. Jika pendeteksi suhu rusak, maka cooling pad akan bekerja tidak optimal dan menyebabkan overheat, yang akan menjadikan perangkat mati secara tiba-tiba

  1. Perangkat sulit dihidupkan

Ciri yang terakhir adalah jika perangkat sulit sekali dihidupkan, yang terjadi karena laptop atau PC terlalu lama dalam keadaan sleep atau adanya kerusakan pada HDD. Coba untuk cek power supply unit menyala di warna hijau, jika tidak maka terdapa masalah pada motherboard kamu nih sahabat.

Sahabat Techie, jika kamu memiliki permasalahan laptop kamu bisa langsung kunjungi Pemmztechie atau kamu bisa langsung konsultasikan di nomor 081717173669 (Area Jakarta Selatan) atau 081298011560 dan 082223889889 (Area Jakarta Barat), kalian juga bisa kunjungi