Sahabat techie pasti disini banyak sekali pengguna laptop kan! Dan keseharian kalian menggunakan laptop atau PC sebagai alat utama bekerja, pasti kalian ingin jika perangkat yang kalian gunakan efisien dan cepat agar pekerjaan terselesaikan tepat waktu. 

Tetapi laptop kok cepat sekali panas? Atau semakin lama semakin panas?

Biasanya terdapat beberapa penyebab yang dapat membuat laptop menjadi panas dengan mudah yaitu karena faktor ruangan berdebu,faktor umur dari laptop dan salah penempatan lokasi oleh karena itu kita harus menjaga laptop dengan diperhatikan. Karena hal tersebut dapat mempengaruhi produktivitas kalian dalam menyelesaikan keseharian aktivitas kalian, dan perlu diketahui juga tanda-tanda yang biasa muncul seperti panas dan overheating. 

Ada beberapa penyebab yang membuat laptop cepat panas contohnya seperti berikut:

  1. usia laptop yang sudah tua, karena perangkat lama belum secanggih perangkat sekarang sehingga dapat menyebabkan malfungsi pada laptop yang membuat laptop menjadi panas dan lemot.
  2. Lokasi laptop dan Aksesoris yang digunakan,penyebab lainnya juga bisa terjadi karena anda menaruh laptop di tempat yang panas seperti di dekat jendela yang panas atau terlalu sering digunakan diluar ruangan karena paparan dari sinar matahari dapat membuat perangkat menjadi lebih panas. 
  3. Ruangan berdebu dan tidak ada ventilasi karena penumpukan debu dapat menghambat ventilasi pada komputer atau laptop yang dapat membuat laptop terhambat jalur panasnya sehingga laptop menjadi panas.

Lalu apa ya tanda-tanda laptop panas atau overheat? 

Tanda-tanda ini akan lebih memudahkan untuk mengantisipasi kondisi laptop yang semakin parah, berikut tanda-tanda laptop panas yang perlu diperhatikan : 

  • Perangkat terlalu panas ketika kalian menyentuhnya menggunakan tangan kosong,sehingga membuat tangan atau kulit kalian merasa kesakitan.
  •  Sering kali ditemukan juga layar yang berulang kali stuck atau tidak responsif dengan perintah yang diberikan melalui mouse sehingga mengalami hang.
  • Browser yang sering buffering untuk waktu yang cukup lama.
  • Laptop yang dapat tiba-tiba mati dan hidup kembali tanpa alasan yang jelas.

Tenang! Ada cara untuk mengatasi laptop yang panas atau overheating. Pertama, kalian harus ketahui penyebab laptop yang menyebabkan panas dan lambat serta cara mengatasinya dan ketahuilah ada resiko yang dapat menyebabkan kondisi laptop panas semakin buruk, jika itu terjadi ini adalah cara yang lebih baik dilakukan : 

  1. bersihkan kipas angin atau ventilasi pada laptop secara berkala agar bebas dari debu atau minimal 2-4 kali dalam setahun oleh karena itu kalian harus membawanya ke tempat orang profesional dalam membersihkan debu agar tidak terjadinya kerusakan pada perangkat kalian.
  2. berikanlah jeda untuk mengistirahatkan laptop kalian beberapa jam jika kalian menggunakan laptop dalam jangka waktu yang lama, anda juga dapat mengisi daya pada laptop kalian untuk meningkatkan suhu pada laptop. hal ini  biasa dilakukan jika kalian seorang gamers atau seorang streamer yang menggunakan perangkat laptop atau PC secara berjam-jam.
  3. hal lain yang dapat kalian lakukan yaitu, cari tempat yang memiliki ventilasi ruangan,setidaknya jangan paparkan cahaya sinar matahari langsung pada laptop atau suhu ruangan yang panas, karena dapat membuat laptop kalian menjadi cepat panas dan hal tersebut sangat beresiko bagi perangkat kalian.
  4. Gunakan bantalan pendingin atau kipas eksternal, menggunakan kipas eksternal sangat membantu menurunkan tingkat suhu pada laptop jika kipas internal tidak berfungsi dengan baik untuk menghindari overheating yang dapat merusak laptop kalian. 

Oleh karena itu, hal yang harus dilakukan dalam mengatasi laptop yang sudah overheating atau panas, setelah mengetahui penyebab laptop cepat panas. jika laptop kalian sudah overheating maka lakukan cara ini untuk mengurangi dampak yang ada : 

  1. jika hal ini terjadi, maka cobalah untuk tidak menggunakan laptop terlebih dahulu lalu cabut kabel. namun,jika sudah terlalu panas cobalah untuk mematikan laptop kalian terlebih dahulu dan diamkan agar suhu pada perangkat kalian normal. 
  2. lakukan tindakan pencegahan seperti menjauhkan laptop dari sumber kepanasan dan bersihkan  debu ventilasi eksternal.

jika hal tersebut terjadi dalam jangka waktu yang lama, cobalah untuk membawa laptop kalian ke teknisi yang profesional dan mengerti tentang laptop. Ayuk rawat laptop kita agar bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama!