Halo sahabat techie!

Sahabat techie, kalian para gamers pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah DPI pada mouse gaming yang posisinya berada dibelakang roda scroll kan?, tombol DPI sendiri ternyata berguna untuk meningkatkan sensitivitas pada mouse. 

Pada umumnya, mouse ini memiliki dua tombol DPI atas dan bawah dengan kegunaan yang berbeda. Tombol atas berguna untuk meningkatkan level DPI sedangkan tombol bawah berguna untuk menurunkan level DPI. 

Namun pasti masih banyak yang belum tau dan asing dengan apa itu DPI, untuk itu mari kita bahas bersama-sama ya!

Apa itu DPI? DPI atau Dots Per Inch adalah nilai pengukuran sensitivitas mouse sesuai dengan pemetaan sensor mouse ke permukaan bawahnya, semakin tinggi level DPI pada sebuah mouse semakin sensitif juga mouse tersebut. Semakin sensitif mouse tersebut akan sangat berpengaruh kepada kecepatan gerak kursor yang akan digerakan oleh mouse tersebut, dengan semakin tingginya level DPI hanya akan memerlukan gerakan yang sedikit untuk menggerakan kursor agar menjangkau terlalu jauh.

Namun, semakin tinggi level DPI akan semakin susah sulit dalam mengendalikannya karena terkadang loncatan kursor tak terkendali. Oleh karena itu, kita harus mengatur dan menentukan sendiri level DPI yang tetap dan sesuai dengan games atau kebutuhan yang dimainkan seperti games yang menggunakan FPS. DPI biasanya digunakan di kisaran 250-4000DPI. Nah, untuk cara mengubah settingan DPI mouse sendiri sangat mudah yaitu dengan membuka setting pada windows lalu pilih device lalu mouse, lalu pilih additional mouse option. Tab pointer option, pada bagian motion yang dapat menggeser sensitivitas ke arah kanan lalu kekiri untuk menurunkan sensitivitas pada mouse dan untuk catatan penting sesekali mencentang bagian Enhance karena akan mengacaukan DPI pada laptop mouse kalian. 

untuk fungsinya sendiri tentu saja untuk menaikan dan menurunkan level seperti yang dibahas sebelumnya,  mouse gaming yang mempunyai tombol DPI dua buah (depan belakang), kamu bisa memanfaatkan tombol DPI belakang untuk mengubah fungsi scroll dari yang berfungsi untuk menaik-turunkan layar Windows menjadi fungsi pengaturan volume dan sebaliknya. caranya hanya dengan menekan tombol belakang DPI selama 10 detik maka pengaturan akan berubah menjadi pengatur volume pada laptop atau komputer. 

Pada intinya mouse gaming DPI bertugas sebagai mempermudah sensitivitas pada mouse gaming yang kita miliki, sahabat!

Nah sudah mengerti kan sekarang apa itu kegunaan dan kenapa ada tombol DPI pada mouse? Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian ya sahabat techie!