Halo sahabat techie! Siapa sahaat techie disini yang pernah mengalami SSD rusak? Kayaknya banyak nih pasti dari kalian yang pernah merasakan SSD rusak dan mungkin penasaran serta ingin tau apa sih akibat dari kerusakannya sebuah SSD laptop. 

Kerusakan pada bagian SSD sebenarnya banyak sekali penyebabnya dan kerusakan pada SSD ternyata bisa berakibat sangat fatal bagi laptop dan PC kesayangan kita. Oleh karena itu, kita akan membahas apa aja sih ciri-ciri laptop mengalami kerusakan pada SSD agar dapat di tangani! 

Nah yuk kita mulai bahas, apa saja ya ciri-ciri SSD rusak?

1. Terdapat file yang tidak terbaca atau ditulis 

Selain hal diatas, akan terdapat masalah yang cukup bisa dilihat ketika laptop mengalami masalah seperti file yang tidak terbaca ketika membuka excel atau dokumen tertentu. Namun,ketika file di copy-paste berhasil, yang perlu diperhatikan ketika file tersebut tidak bisa dibuka secara acak berarti laptop mengalami ciri-ciri kerusakan SSD bahkan bisa sampai mengalami BSOD (Blue Screen Of Death). hal ini akan terdeteksi oleh sistem bad block ketika menulis ke drive dan akan tertolak untuk menulis data dan membaca data.

2. Tidak bisa atau Gagal masuk ke windows

Banyak orang mungkin belum paham atau mengetahui gejala apa saja yang terjadi pada laptop yang SSD nya bermasalah atau ciri-ciri yang dapat kita ketahui, yuk mari kita bahas bersama-sama .

3. Kecepatan membaca dan mengetik

Pertama hal yang sangat mudah untuk dilihat yaitu dengan cara laptop menjadi lambat dalam hal membaca tulisan baik dari website atau lain halnya seperti mengetik juga sudah sangat lambat di layar. normalnya kecepatan membaca ratusan MBps dan 200 MBps untuk menulis yang menjadi permasalahan bila standar tersebut menjadi naik turun atau tidak stabil. 

4. Error Bad Block

Jika HDD kalian mengalami bad sector maka SSD akan terkena bad block yang dimana komputer atau laptop mencoba untuk membaca atau menyimpan file namun membutuhkan waktu yang cukup lama dan dapat tidak menyimpan file tersebut. sehingga sistem akan mengeluarkan notifikasi error, ada beberapa ciri-ciri yang dapat terjadi jika terjadinya bad block,yaitu :

  • File tidak bisa dibaca atau ditulis di SSD
  • File sistem membutuhkan perbaikan
  • Aplikasi mengalami crash atau freeze di layar
  • Laptop lemot ketika membuka file
  • Error ketika memindahkan file

Jika hal ini terjadi hal yang harus dilakukan coba untuk Hard Tune Pro atau Hard Disk Sentinel,maka kalian harus menyiapkan data untuk di backup.

5. File sistem membutuhkan perbaikan

Jika kalian pernah melihat notifikasi error “Recovery” hal ini terjadi karena kalian tidak mematikan laptop dengan benar, namun hal ini tidak bisa dianggap sederhana karena dapat menimbulkan bad block atau port konektor SSD. Namun, ada beberapa OS memiliki sistem repair built up untuk memperbaiki sistem yang corrupt akan otomatis memperbaiki sendiri. terlebih lagi,jangan lupa untuk tetap membuat backup jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Wah ternyata itu dia beberapa hal yang perlu kalian ingat atau catat dan ketahui tentang penyebab kerusakan atau ciri-ciri SSD kalian rusak! Kita sebagai pengguna laptop jangan lupa ya untuk menjaga laptop maupun PC kita dan juga jangan melupakan kesehatan dari SSD pada laptop dan PC kita! Sampai jumpa di artikel lain nya sahabat techie!