Halo sahabat techie!

Hari ini kita bahas tentang CPU yuk

mungkin sahabat techie sering dengar CPU dan mengerti apa sih guna dari CPU itu, tapi untuk yang belum tau, jangan sedih karena hari ini akan kita bahas bersama!

Yang pertama, apa sih CPU itu?

CPU adalah salah satu perangkat keras komputer yang bertugas untuk menerima serta menyelesaikan perintah ataupun data yang diterima dari perangkat lunak. Pusat kendali inilah yang mengubah input data menjadi output informasi. Pusat kendali ini disebut central processing unit (CPU). 

CPU adalah rangkaian sirkuit elektronik yang sangat kompleks dan luas yang menjalankan instruksi program yang tersimpan

Intinya, CPU menjadi pusat pengolahan data di komputer sehingga seringkali disebut dengan prosesor. Kecepatan kinerja dari sebuah perangkat komputer bisa dilihat dari kualitas yang dimiliki dan semua komputer harus mempunyai CPU untuk dapat berjalan. 

Next kita bahas fungsi CPU.

Tujuan setiap komputer adalah melakukan beberapa bentuk pemrosesan data. CPU mendukung pemrosesan data dengan melakukan fungsi mengambil, menkode, dan mengeksekusi pada instruksi yang diprogram. Secara bersamaan, fungsi-fungsi ini sering disebut sebagai siklus instruksi. Selain fungsi siklus instruksi, CPU melakukan fungsi mengambil dan menulis data.

CPU memang mempunyai kegunaan untuk melakukan operasi aritmatika dan logika untuk data yang diambil dari memori. Sebenarnya, data juga bisa diberikan lewat beberapa perangkat keras selain CPU. 

Namun pada dasarnya CPU hampir sama dengan kalkulator. Tetapi, cara kerjanya CPU ini jauh lebih kompleks untuk menyelesaikan instruksi yang diberikan. Supaya bisa melakukan proses data, instruksi harus diberi alamat memori yang benar ketika disimpan pada RAM.  Nantinya, CPU ini akan melakukan proses dengan mengakses data pada RAM dari alamat data yang telah dipilih. Berikut di bawah ini ada beberapa fungsi CPU adalah: 

  1. Mengelola dan memproses semua kalkulasi, operasi logika dan aritmatika, perintah dari data yang diambil melalui memori. 
  2. menjalankan sebuah program yang telah tersimpan di memori utama dengan menerjemahkan setiap instruksi yang diberikan. Kemudian dieksekusi sesuai alur perintah yang ada

Sementara untuk kontrol dari CPU dilakukan dengan memakai instruksi dari software komputer. Mempunyai fungsi untuk :

  1. Mengontrol komputer supaya tetap tersinkronisasi kerja antar komponen. 
  2. Mempunyai fungsi sebagai pusat dari sumber tenaga komputer.

Pada komputer CPU juga memiliki fungsi lain, diantara nya adalah:

  1. Fungsi Storing 

Fungsi pertama yaitu fungsi storing, dimana fungsi ini menyimpan data dari CPU. Dengan begitu, seseorang yang akan memakai perangkat komputer bisa memerlukan perangkat untuk menyimpan data secara permanen. 

  1. Fungsi Decoding  

Fungsi decoding merupakan sistem CPU dengan program yang bisa dijalankan menggunakan kode instruksi. Dengan begitu, bisa diterjemahkan oleh CB yang bisa mengenalinya di kode biner. 

Dengan begitu, decoding sebuah proses yang bisa menerjemahkan sebuah program ke dalam bahasa yang mampu dimengerti oleh CPU, sehingga bisa dilakukan dalam semua program. 

  1. Fungsi Executing  

Fungsi executing adalah sebuah program yang dieksekusi oleh CPU yang bisa melakukan sesuatu. Hal ini membuat perhitungan bisa memakai komponen CPU. 

Maka fungsi ini juga disebut sebagai ALU atau Arithmetic Logical Unit. Dimana fungsi ini bertanggung jawab untuk seluruh proses komputasi logis pada komputer ataupun perangkat lainnya. 

  1. Fungsi Fetching  

Fungsi fetching merupakan istilah yang bisa dipakai dalam komputasi sebagai memanggil atau mengambil sebuah data. Hal ini membuat perangkat komputasi data bisa disimpan menggunakan alamat di hardisk CPU. 

Intinya, fungsi ini mirip dengan data dalam prosesor CPU yang diatur oleh alamat program yang dijalankan CPU dengan mengambil data dalam komponen.

Wah ternyata CPU memiliki banyak fungsi ya sobat techie, semoga artikel hari ini membantu!