Halo sahabat techie!

Pasti sahabat techie udah gak asing lagi nih dengan prosesor, eits, tapi sahabat techie tahu gak pengertian, manfaat atau kegunaan dari prosesor? Kalau belum, yuk pelajari lebih lanjut!

Prosesor adalah komponen utama atau otak dari laptop / komputer Anda. Prosesor terletak tepat di tengah motherboard. Prosesor memiliki fungsi yang penting bagi seluruh operasi perangkat komputer karena semua perintah dimulai dari processor. Maka dari itu, memilih prosesor terbaik untuk mendukung pekerjaan menggunakan komputer atau laptop sangat penting bagi pengguna. Mulai dari pekerjaan sederhana seperti menulis, membalas e-mail, berselancar di internet, main game, dan mengolah grafis semua dilakukan dengan komputer atau laptop. 

Prosesor sering dikenal juga dengan CPU (Central Processing Unit), yaitu suatu chip yang berbentuk IC (Integrated Circuit) yang mengontrol seluruhan sistem komputer terutama dalam menjalankan intruksi, pengolah serta dipakai sebagai pusat atau otak dari kegiatan komputer dalam melakukan perhitungan dan menjalankan tugas input serta output.

Prosesor berada pada soket yang berada di Motherboard, mengelolanya serta melakukan komunikasi. Oleh sebab itu processor adalah alat atau yang sangat dibutuhkan paling utama, namun, kalau tidak ada komponen yang lainnya maka processor tidak bisa bekerja dengan sangat baik karena komponen komputer itu saling terhubung satu sama lain.

Fungsi processor secara umum adalah mengolah perintah yang masuk kemudian dikeluarkan berupa output yaitu pemberi perintah. Lalu fungsi prosesor selain itu apa saja ya? 

  1. Memastikan komputer bekerja dengan baik
  2. Menjalankan proses informasi pada komputer
  3. Memberikan perintah kepada tiap komponen komputer
  4. Menjaga performa komputer
  5. Menunjang kegiatan spesifik komputer
  6. Mengolah perhitungan algoritma
  7. Menjaga stabilitas komponen komputer
  8. Mendukung kebutuhan spesifik komputer

Wah ternyata banyak sekali ya fungsi prosesor, tetapi prosesor sendiri memiliki cara bekerja nya dengan melakukan 3 (tiga) cara dasar diantaranya adalah

  • Menggunakan ALU (Arithmetic Logic Unit) yakni sebagai operasi matematis seperti pengurangan, penambahan dan perkalian serta pembagian. Mikro processor modern ini mengandung floating point unit yang bisa menjalankan operasi yang sangat kompleks pada angka yang cukup besar.
  • Lalu memindahkan data dari satu lokasi memori ke lokasi yang lainnya.
  • Mengambil kehendak dan melompat ke instruksi lain sesuai dengan keputusan.

Itu dia pembahasan kali ini mengenai prosesor, wah ternyata banyak ya fungsi dan pengertian prosesor, semoga menjadi wawasan abru ya sobat techie!