Halo sahabat techie!

Sahabat techie, pernah gak kipas laptop yang kalian gunakan mengeluarkan suara yang bising atau lebih keras dari biasanya? Padahal biasanya tidak mengeluarkan suara atau suara yang dikeluarkan minim.

Wah, ternyata ya banyak terjadi kasus laptop yang berisik karena gangguan yang terjadi di fan didalam laptop, hal tersebut terjadi karena kipas laptop sudah tidak bekerja secara maksimal atau optimal bahkan ada juga beberapa penyebab yang bisa terjadi, kira kira apa saja ya? yuk mari kita bahas bersama-sama  

1. Kipas yang kotor 

Debu atau kotoran yang terdapat pada kipas dapat membuat kipas menjadi berisik karena tidak pernah dibersihkan sehingga membuat suhu laptop menjadi panas karena prosesor semakin keras, hal ini akan membuat laptop kalian menjadi rusak. so, jangan lupa yah untuk membersihkan laptop kalian dengan kuas halus atau membawanya ke tempat service seperti Zet-Zet. 

2. Terlalu banyak membuka program atau aplikasi

Membuka banyak aplikasi atau ketika bermain games di laptop mengeluarkan bunyi tidak nyaman dari laptop yang kalian gunakan yang membuat prosesor menjadi berat karena kapasitas yang sudah diluar batas penggunaan. jadi untuk itu jangan membuka aplikasi atau program berlebihan diluar dari kapasita kemampuan laptop. 

3. Kipas rusak 

Hal ini dapat terjadi karena adanya umur yang sudah menua pada laptop yang membuat laptop atau penyebab lainnya karena ketika mengupgrade laptop terdapat kesalahan pemasangan, oleh karena itu kalian harus membawa laptop kalian ke tempat service terpercaya untuk membenarkan laptop kalian. karena laptop anda panas,anda dapat menambahkan kipas eksternal untuk menyejukan laptop kalian dan jangan lupa untuk segera mencari tahu permasalahan yang terjadi pada laptop kalian.

4. Processor bekerja terlalu keras 

Ketika kita sedang menggunakan laptop untuk hal berat seperti bermain games atau editing video dan foto maka membuat prosesor secara otomatis bekerja lebih keras daripada biasanya. dikarenakan prosesor bekerja lebih keras, kipas pada laptop juga akan menyala untuk mendinginkan secara stabil dan semakin panas suhu akan membuat kipas semakin kencang bekerja. Karena itu, jangan membuka aplikasi berat secara bersamaan apalagi laptop kalian belum tentu memiliki spesifikasi yang cukup dari standarnya. 

Kalau laptop sahabat techie berisik karena fan atau hal lain yang tidak diketahui akan lebih baik jika kalian membawa laptop kalian ke para profesional dalam dunia service laptop agar permasalahan yang terjadi pada laptop kalian langsung diketahui dan dapat segera ditindaklanjuti untuk dibenarkan. Yuk rawat laptop yang dimiliki!