Halo sahabat techie! Belakangan ini masyarakat sudah banyak yang menutupi laptop atau webcam mereka untuk menghindari berbagai mata-mata atau siber untuk mencegah terjadinya aktivitas mata-mata dengan menutupinya dengan stiker,slide kamera, atau bahkan lakban. Bahkan selain menutupi webcam banyak juga yang menutupi mikrofon pada laptopnya, yuk mari kita bahas apakan perlu untuk kita menutupi webcam dan mikrofon untuk melindungi privasi kita dari para hacker. 

Lalu bagaimana ya caranya untuk mencegah dan menghindari mata-mata dari laptop kita? Nah, ada beberapa cara untuk menjaga keamanan webcam kalian untuk memastikan tidak ada yang mengintai anda melalui webcam. ini adalah beberapa cara untuk menghindari hal tersebut yang dapat mengganggu privasi kalian yaitu :

Hal ini merupakan suatu kebiasaan yang dilakukan juga oleh orang-orang yang terdapat di industri teknologi seperti  Mark Zuckerberg yang menutupi kamera dan mikrofon pada laptopnya yang sangat mudah untuk dilakukan, anda dapat mengatasi kamera anda melalui kamera laptop kalian apakah kalian masih bisa melihat diri kalian di layar laptop atau tidak. anda juga dapat membeli penutup web camera di e commerce  kesayangan anda dengan harga yang terjangkau

  • Non aktifkan dan cabut web camera 

Jika kalian menggunakan laptop atau komputer dengan web camera pastikan untuk mematikan dan mencabut web camera kalian. namun, untuk komputer akan sedikit berbeda dalam sistem operasi seperti mematikannya melalui aplikasi web camera atau pengaturan. untuk kalian yang menggunakan web camera eksternal kalian dapat mematikan atau memutuskan koneksi kapan saja dan pasangkan kembali jika kalian ingin menggunakannya kembali.

  • Matikan PC Desktop atau tutup laptop 

Hal ini dilakukan ketika kalian tidak menggunakan laptop atau PC kalian sebagai solusi termudah dan dalam jangka waktu yang pendek dapat anda terapkan di rumah untuk menghindari hal yang sudah kita bahas sebelumnya. 

  • jangan lampirkan email phising (Terutama pada sumber yang tidak dikenal)

Email Phising merupakan sebuah metode yang sangat populer dan sangat efektif bagi para hacker untuk mengunduh file yang dilampirkan untuk membuka tautan yang berbahaya. oleh karena itu, sangat penting diketahui bagi kalian untuk menghindari atau tidak membuka tautan yang tidak dikenal untuk mengurangi atau menghindari email phising. seperti contoh email yang tidak dikenal memberikan text seperti “ Dear my friend” atau memberikan promosi dari bank atau hal lain yang mencurigakan yang terpenting tidak mengklik tautan yang terdapat pada email tersebut.

tips diatas merupakan cara untuk menghindari diri dari para hacker yang gemar memantau kalian melalui web camera mereka, jadi untuk kalian harus tetap hati-hati  dalam menggunakan laptop terutama pada webcam agar tidak dimata-matai oleh siapapun. 

Nah semoga bermanfaat ya sahabat techie, yuk jaga privasi kalian!