Halo sahabat techie!

Sahabat techie yang menggunakan laptop, lebih sering menggunakan touchpad atau memakai mouse? Ternyata menggunakan mouse dan touchpad memiliki plus dan minus loh, kira-kira apa ya?  Bahas bersama yuk!

Sebelum kita membahas plus minus, mari kita bahas dulu apa itu touchpad dan apa itu mouse.

1. Touchpad

Touchpad merupakan perangkat untuk navigasi komputer yang bisa menggerakkan pointer lewat sentuhan. Uniknya, gadget ini menjadi satu dengan laptop. Meski begitu, ada pula touchpad yang dipasang dari luar komputer. Kadang kala, touchpad ada juga yang menyebutnya dengan nama trackpad. Touchpad sendiri punya banyak sekali kelebihan. Perangkat ini sangat mudah digunakan dengan satu jari saja.Selain itu, tertanam langsung di dalam laptop. Ini membuatnya praktis karena tak perlu dibawa terpisah ke mana-mana. Kamu juga tak perlu melakukan proses instalasi untuk menggunakannya. Saat bicara soal touchpad vs mouse, dilihat dari proses ini, touchpad tentu lebih unggul. Sayangnya, touchpad tidak seakurat mouse. Pekerja di dunia video atau grafis bisa kesulitan mengedit jika menggunakan trackpad.

2. Mouse

Mouse punya fungsi layaknya touchpad. Manfaat utamanya adalah mengontrol pointer komputer. Tidak seperti touchpad, mouse terpisah dengan laptopmu. Ia juga harus digunakan lewat genggaman dengan satu tangan. Ada beragam jenis mouse di luar sana. Disarankan untuk menggunakan perangkat mouse yang ergonomis. Sebab, mouse jenis ini jauh lebih nyaman digunakan. Nah, jika dibandingkan dengan touchpad, gadget ini jauh lebih presisi dan mudah dikontrol. Dengan begini, pekerjaanmu tentu bisa jadi lebih produktif.

Akan tetapi, sebenarnya, mana yang lebih unggul, touchpad atau mouse?

Jawabannya adalah, tidak ada. Keduanya punya kelebihan masing-masing. Semua ini bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu.

Mouse sering dipilih karena ia lebih presisi. Trackpad juga banyak disukai karena jauh lebih praktis. Untuk mengetahui mana yang tepat untukmu, kamu bisa mencobanya satu per satu.

Oh iya dari segi kesehatan, bagaimana dengan dampak kesehatannya? Apakah perangkat yang satu lebih unggul daripada yang lainnya? Ternyata, keduanya sama-sama punya risiko penyakit. Penyakit itu di antaranya carpal tunnel syndrome, repetitive strain injury, dan lain-lain. Dengan begitu, dapat disimpulkan, saat bicara soal touchpad vs mouse, tidak ada satu perangkat yang lebih unggul dari yang lain.Akan tetapi, tenang saja, risiko penyakit karena keduanya bisa dicegah. Ada berbagai strategi yang bisa kamu terapkan, di antaranya adalah:

1. Pilih posisi tepat

Apa pun perangkat yang kamu pilih, taruh ia sejajar dengan keyboard. Jangan lupa, buat lengan bawahmu sejajar juga dengan lantai.

Untuk melakukan ini, kamu harus menyesuaikan posisi duduk. Oleh karena itu, memilih kursi kerja yang tepat merupakan salah satu kuncinya.

2. Gunakan bantuan bantalan

Seperti yang sudah kamu baca, pergelangan tanganmu sebaiknya lurus. Agar kamu lebih mudah menjaga postur ini, kamu bisa menggunakan bantalan.

Ada pilihan untuk menggunakan wrist rest, bean bag, dan lain-lain. Sekadar handuk yang dilipat juga bisa membantumu, lho.

Demikian informasi dari Glints soal touchpad vs mouse. Ingat, terlepas dari perangkat yang kamu gunakan, kamu tetap harus menjaga postur tubuh saat duduk.

Itu dia sahabat techie, penggunaan mouse dan touchpad bisa disesuaikan dengan kebutuhan untuk produktivitas kalian!