Halo sahabat techie!

siapa sahabat techie yang belum pernah membersihkan RAM? Tapi apa ya RAM itu? RAM merupakan Random Access Memory yang umumnya terdapat beberapa cara yang berbeda dalam melakukan pembersihan, yang umumnya merupakan salah satu komponen yang sangat  penting untuk menyimpan data secara sementara dan dijalankan dengan sejumlah program. biasanya, RAM tergantung kepada laptop yang digunakan.

Ketika laptop sudah semakin melambat artinya RAM laptop kalian semakin penuh RAMnya. yang biasa pada umumnya,kecepatan laptop tergantung pada RAM yang oleh karena itu RAM harus secara berkala dibersihkan dan mengetahui kapan dan bagaimana cara membersihkannya. berikut cara mengatasinya  :

1. Restart Laptop

Caranya yang paling mudah dan umum dilakukan biasanya adalah dengan melakukan restart laptop untuk  membersihkan RAM,sehingga laptop akan kembali menjadi semula. biasanya cara ini untuk membersihkan RAM yang menggunakan resource RAM yang besar. 

Adanya beberapa tanda yang harus diketahui jika program aplikasi laptop sudah not responding atau berjalan semakin lambat, artinya sudah pertanda untuk melakukan restart pada laptop. terakhir,sebelum melakukan restart pastikan  agar data kalian sudah tersimpan dengan benar agar tidak terjadinya kehilangan  data. 

2. Mematikan proses di Task Manager. 

Selain melakukan Restart kalian juga dapat melakukan Resource RAM pada Task Manager, dengan ini kalian dapat melihat secara langsung aplikasi apa saja yang memakan RAM yang besar. caranya cukup dengan “End Task” untuk mengakhiri aplikasi yang besar dalam penggunaan RAM. berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menutup task manager : 

  • klik Task Manager – klik CTRL+ALT + DELETE. lalu kalian bisa juga membuka melalui Taskbar Windows, kemudian pilih Task Manager.
  •   End Task di Task Manager. 
  • Lalu,jika sudah pilih aplikasi atau program yang menurut kalian memakan RAM laptop kalian, kemudian End Task.

3. Uninstall program yang tidak dibutuhkan 

untuk hal ini, ini akan terjadi secara permanen yang berbeda dari 2 sebelumnya yang sifatnya tidak permanen,kalian dapat menguninstall program yang tidak penting di laptop kalian. caranya cukup melakukan uninstall program aplikasi, dengan menuju menu setting – Apps – Apps & Features. kemudian kalian bisa sort by install date untuk melihat aplikasi lama yang tidak terpakai kalian dapat melakukan uninstall aplikasi tersebut. 

4. Matikan Program yang berjalan secara otomatis

pada umumnya,saat laptop dinyalakan akan ada beberapa program yang akan berjalan secara otomatis, karena biasanya program tersebut akan menggunakan resource RAM sehingga ketika dibutuhkan justru RAM sudah terkuras habis. caranya kalian bisa ke Task Manager > Startup. kemudian pilih aplikasi yang tidak terpakai saat load pertama kali dan klik kanan pada bagian Status >Disable.

5. Pilih aplikasi yang ringan

Hal yang paling mudah dan biasanya sering menjadi pilihan bagi pengguna laptop dengan RAM yang kapasitas kecil yaitu memilih aplikasi yang hanya bisa dengan kapasitas RAM kecil. Memang kebanyakan dari aplikasi sangat membutuhkan RAM besar untuk bisa bekerja seperti adobe photoshop, atau berbagai macam aplikasi. jika membutuhkan aplikasi yang berkapasitas RAM besar anda bisa mencari aplikasi yang mirip namun dengan RAM kecil.

6. Tambah memori virtual

Dengan cara ini menambah memori virtual akan meringankan kinerja laptop. dalam menambahkan memori virtual akan membuat  laptop lebih stabil tanpa cepat penuh. 

secara windows, sudah otomatis teralokasi yang anda masih tetap bisa meningkatkan kapasitasnya. dengan cara : 

  • Masuk ke Control Panel > System and Security 
  • Klik System > Advanced system setting > dari Advanced kemudian pilih “Setting” pada sub menu Performance. 
  • Pilih Menu Advanced <Virtual Memory> Change
  • Hapus centang yang terdapat di “Automatically manage paging file size for all drives” kemudian pilih “Custom size”.
  • lalu masukan besaran  memory, kemudian pilih “Set” jika sudah klik “OK” di bagian bawah.

Nah itu dia sahabat beberapa cara untuk membersihkan RAM, yuk dicoba!