Halo sahabat techie! Siapa yang disini sering mendengar tentang processor? Apasih itu Prosesor? Prosesor merupakan otak bagi laptop atau komputer yang menjadi patokan bagi para calon pembeli untuk memilih laptop baru. apakah kalian tau perbedaan dari prosesor i3,i5,i7,i9 dan core x? yuk kita bahas sama-sama!

Pengertian Core Processor

Core merupakan prosesor intel yang menggantikan pentium yang sebelumnya menjadi prosesor intel kelas atas, sedangkan Core “ i “ dasarnya merupakan kategori level yang membedakan dalam satu generasi. Lalu,angka pada “i” tidak berarti memiliki sejumlah inti angka dan tidak menjamin fitur yang ada di dalamnya. namun, fitur yang spesifik dapat berubah seiringnya generasi,kemajuan teknologi yang membuat hal tersebut menjadi lebih murah untuk membuat sebuah komponen low-end yang berkinerja tinggi.

Oleh karena itu, perbedaan antara core i3,i5 dan i7 adalah hal yang penting dalam generasi masing-masing prosesor.

  • Prosesor Intel Core i3

Core yang dimulainya untuk setiap generasi, core i3 juga memiliki inti yang lebih rendah dibandingkan dengan CPU tingkat tinggi. Core i3 bermula dengan prosesor dual core untuk generasi terbaru. Dual-Core, core i3 cenderung memiliki empat thread yang dikenal sebagai Hyper-Threading. Perusahaan intel juga memutuskan untuk tidak menggandakan jumlah thread pada core i3.  Lalu, Core i3 memiliki ukuran cache yang lebih rendah dan menangani lebih sedikit RAM daripada prosesor  core. Core i3 juga memiliki kecepatan waktu yang beragam, untuk sekarang prosesor desktop core i3 generasi kesembjlang memiliki clock tinggi 4,6 GHz, core i3 9350K.

  • Prosesor Intel Core i5

Merupakan core yang satu tingkat lebih tinggi dari i3. Prosesor i5 tidak memiliki teknologi Hyper-Threading namun memiliki lebih banyak core yang sebanyak 6 core. Core i5 yang dilengkapi dengan Hyper-Threading hanya ada di laptop yang tidak mempunyai desktop. Core i5 memiliki kecepatan waktu yang tinggi,cache yang lebih besar dan menangani lebih banyak memori serta penanganan grafik yang lebih baik.

  • Prosesor Intel Core i7

Memiliki Hyper-Threading untuk perangkat desktop  namun generasi terbaru tidak memilikinya, prosesor core i7 memiliki jumlah inti lebih tinggi  yang mencapai 8 pada generasi ke 9. Cache yang dihasilkan pun lebih besar, keunggulannya dalam kinerja grafis tetapi memiliki kapasitas memori yang sama dengan core i5.

Untuk kebutuhannya sendiri, jika kalian adalah gamers kalian bisa menggunakan laptop dengan minimal Core i7 atau yang lebih tinggi. Namun, tidak menutup kemungkinan untuk bermain games dengan i5. Untuk membuat konten bagi para kreator disarankan untuk memilih CPU core i7 dan core i9 karena memiliki banyak thread. 

Jika untuk tugas sehari-hari seperti browing,excel, dan word. Prosesor core i3 sudah sangat cukup menyelesaikan hal tersebut. Hal terpenting yang harus diketahui saat memilih prosesor tidak semua CPU intel core memiliki grafik yang terintegrasi. Prosesor yang memiliki huruf akhir “F” artinya prosesor tidak dilengkapi dengan CPU terintegrasi dengan contoh : intel core i9-9 900KF

Nah itu dia perbedaan processor i3, i5 dan i7. Jadi yuk sahabat techie gunakan sesuai kebutuhan ya!