Halo sahabat techie!

Sahabat techie pasti sering mendengar kata RAM. Tapi apa sih RAM itu? RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory  yang merupakan sebuah informasi yang memiliki peran penting dalam pemrosesan peran penting pada sistem komputer. Untuk saat ini sudah hampir semua perangkat teknologi menggunakan RAM sebagai penyimpanan sebentara yang dapat berguna untuk mempercepat dan mempermudah pemrosesan informasi pada sistem komputer karena RAM lebih cepat dibandingkan Harddisk. Karena dengan adanya RAM membuat laptop menjadi multitasking yang dapat bekerja lebih dari satu software dalam suatu waktu yang bersamaan yang terpenting kapasitas RAM pada laptop menyanggupi. 

Untuk software yang membutuhkan kapasitas RAM hanya sebatas ukuran kilobyte,namun ada beberapa aplikasi yang dapat memakan 1GB. Karena untuk melakukan multitasking kecepatan pemrosesan dari suatu komputer software atau aplikasi yang fungsinya sebagai penyimpan data acak pada komputer. 

maka dari itu kita akan membahas setiap RAM dengan kegunaannya : 

1. Kapasitas RAM 1 GB

Dengan kapasitas 1 GB tidak disarankan untuk memiliki laptop yang berkapasitas 1GB yang terdapat pada netbook yang hanya mementingkan fungsional saja yang hanya berfungsi untuk : Fungsi Word Processing,Menggunakan media player yang ringan,hanya mampu menjalankan setidaknya 2 aplikasi secara bersamaan yang biasanya 1 aplikasi dapat memakan 300 sampai 350 mb. maka dari itu, laptop dengan kapasitas 1 GB akan lebih baik jika dijadikan sebagai laptop cadangan atau fungsi office. 

2. Kapasitas RAM 2 GB

umumnya laptop yang standar memiliki 2 GB untuk melakukan berbagai aktivitas yang tidak terlalu berat secara bersamaan atau multitasking seperti internet,mendengarkan lagu dan mengerjakan fungsi office. untuk kapasitas RAM 2 GB,sudah bisa membuat memainkan games bersamaan dengan mendengarkan lagu. 

3. Kapasitas RAM 4 GB

Tidak banyak laptop atau komputer yang biasanya menyediakan kapasitas RAM 4 GB, 

biasanya laptop ini memiliki harga yang relatif tinggi,karena biasanya digabungkan dengan CPU dan juga VGA card yang memiliki spesifikasi yang tinggi. laptop dengan kapasitas RAM 4GB biasanya digunakan untuk keperluan gaming,desain,dan  beberapa hal multitasking lainnya. untuk penggunaan pribadi kalian tidak akan mengalami kendala pada laptop kapasitas 4GB karena bisa dijadikan sebagai mini server dan tidak memiliki data yang banyak. 

4. Kapasitas RAM 8GB

Kapasitas RAM 8 GB, untuk saat ini sudah mulai banyak digunakan karena sudah tergolong dalam hi-end gaming PC karena biasanya digunakan sebagai server organisasi menengah keatas yang semakin besarnya organisasi semakin besar juga datanya yang memiliki lebih banyak jaringan yang lebih berat.

5. Kapasitas RAM 16 GB

Kapasitas RAM 16GB, biasanya sudah sangat cukup kuat untuk memberikan kinerja server yang maksimal karena untuk mempercepat pekerjaan beda tergantung kapasitas penggunanya pada sebuah komputer atau Pc. 

kira-kira ini kapasitas yang biasa digunakan masyarakat dalam memilih sebuah laptop. namun, tentunya kapasitas laptop tidak sampai disana karena masih banyak RAM laptop yang besar dan memiliki kegunaan penyimpanan maupun tidak lambat. so,semoga bermanfaat bagi kalian informasi yang sudah kita bagikan! Nah itu dia pembahasan tentang RAM hari ini! Semoga sobat techie mendapat wawasan baru ya!