Halo sahabat techie! Banyak dari masyarakat luas akan memilih mouse yang murah untuk dijadikan penggunaan sehari-hari namun biasanya mouse dengan harga murah tidak akan bertahan lama paling lama bertahan berbulan-bulan dan paling cepat beberapa minggu saja. jadi sudah jelas jika ada harga maka akan ada kualitas yang membuat mouse bertahan lama, mouse sendiri mempunyai 2 jenis untuk saat ini yaitu port USB dan wireless ini beberapa hal yang perlu  kalian ketahui dan biasa terjadi terhadap mouse pada umumnya : 

1. Pointer mouse yang macet

Pointer mouse macet biasanya bukan merupakan kerusakan pada komponen mouse itu sendiri,namun biasanya ditimbulkan oleh pengguna yang menggunakannya secara berlebihan maupun adanya aplikasi yang crash dan hang. jika, PC atau laptop kalian sudah tidak crash dan hang maka permasalahan akan cukup teratasi. namun, beda jika pointer mouse benar-benar macet dan tidak berjalan seharusnya yang mengartikan mouse yang rusak yang disebabkan oleh banyaknya debu pada bagian bawah mouse maupun mousepad yang tersedot oleh kotoran dan debu seperti mouse jenis laser atau optical mouse. yang pasti harus menjaga kebersihan dengan membersihkan debu yang ada di bawah mouse dan juga jaga kebersihan mouse pad. Namun, jika bukan debu permasalahannya, maka harus mencoba untuk pemeriksaan mulai dari konektor mouse atau mungkin kabel yang terputus.

2. Pointer mouse yang bergerak namun loncat

Bagi kebanyakan orang hal ini akan menjadi sangat menjengkelkan,terutama ketika bermain games atau menggunakan mouse sebagai pekerjaan sehari-hari . Pada kondisi seperti ini juga  pengguna tidak bisa menggunakan mouse secara tepat dan presisi. hal ini bisa terjadi karena beberapa hal,paling utama karena terdapat kotoran pada komponen scroll mouse yang membuat bola pada mouse sering bersentuhan di dalam yang dimana mouse pad juga tidak bersih. cobalah untuk membuka dan mengeluarkan bola scroll mouse untuk dibersihkan. 

3. Tombol mouse yang bermasalah 

Tombol mouse yang memiliki klik kiri,klik kanan dan klik kursor yang biasanya fitur ini sering mengalami kerusakan seperti kurang merespon,terlambat maupun ada kesalahan lain seperti satu kali klik namun justru merespon seperti dua kali klik. Biasanya, permasalahan ini karena push button yang sudah sangat lemah. cobalah untuk membuka sekrup mouse pada bagian bawah, lalu coba untuk periksa posisi tombol kiri dan kanan yang biasanya terdapat slip. namun, seiring berjalannya waktu ada aplikasi utility yang meminimalisir mouse yaitu mousefix yang dapat memonitor supaya tidak salah ketika mengklik atau jika solusi diatas belum juga membuahkan hasil, sepertinya Anda memang harus mengganti dengan mouse baru.

4. Lampu Indikator mouse yang aktif menyala namun kursor tidak bergerak

Umumnya lampu indikator pada mouse yang kabelnya rusak atau putus,untuk pembenarannya anda dapat mengganti kabel sendiri jika berani, namun jika kalian masih ragu lebih baik bawa ke tempat service laptop yang bisa membenarkan mouse juga seperti Mr.ZetZet. 

 5. Kursor yang tidak berfungsi namun klik tetap normal

hal ini terjadi biasanya karena optik mouse yang rusak karena pada saat ini hampir semua mouse menggunakan infra merah sebagai sensor pergerakan. karena di objek ini akan adanya mengirimkan data gerak pada PC untuk diolah perintah kursor. Pada objek mouse ini akan mengirimkan data gerak kepada PC untuk diberikan perintah pada kursor,jadi jika ada kerusakan pada objek maka yang terjadi adalah mouse menyala tapi kursor tidak berfungsi sama sekali. penyebab lainya karena port USB yang berbeda tipe.

6. koneksi bluetooth yang belum terhubung 

Hal ini biasanya terjadi jika kalian menggunakan wireless mouse yang memberikan perintah kepada PC atau laptop, oleh karena itu harus memastikan bahwa bluetooth tersambung. 

jadi ini beberapa penyebab terjadinya mouse yang rusak, coba untuk benarkan sendiri4 atau bawa ke tempat service untuk memastikan apakah benar barang kalian rusak dan jika sudah benar-benar tidak bisa digunakan maka belilah mouse terbaru yang memiliki kualitas bagus dan harga yang masuk ke kantong dompet kalian.