Hello sahabat techie! kamera webcam saat ini menjadi perangkat laptop yang sangat penting, karena hampir seluruh kegiatan dilakukan secara online meeting dan pasti memerlukan kamera webcam. Jangan panik jika tiba-tiba webcam sobat techie tidak berfungsi atau, kali ini kami akan memberikan tips pertolongan pertama yang dapat kamu lakukan di rumah.

  1. Pastikan kamera laptop aktif

Pada beberapa kasus, terjadinya webcam mati secara mendadak diakibatkan oleh tidak sengaja mematikan kamera webcam dengan menekan tombol Fn + F (tergantung setting pada laptop mu), lalu periksa apakah kamera webcam kamu dapat hidup kembali. Pada beberapa laptop, hal tersebut tidak dapat dilakukan secara langsung, maka kamu harus mengaktifkannya dengan membuka Settings > Privacy > Camera > Camera access for this device > Pilih on.

  1. Cek driver webcam laptop

Salah satu penyebab kamera webcam mati adalah karena ada nya permasalahan pada driver laptop atau driver tersebut belum terinstal pada laptopmu. Jika driver kamera webcam laptop mu tidak aktif atau crash, kamu dapat mengunduh driver webcam sesuai dengan jenis laptopmu. Setelah di unduh, kamu dapat menginstal driver tersebut dan bisa mencoba webcam nya kembali. Cara lain nya adalah kamu dapat memeriksa driver webcam melalui device manager, klik Start Menu > Control Panel > Hardware and Sounds > Device Manager > Imaging Device > Klik kanan Update Driver. Tunggu beberapa saat sampai selesai kemudian cek kembali laptop.

  1. Update windows

Penyebab webcam tidak berfungsi bisa jadi karena memerlukan pembaharuan pada windows yang kamu gunakan. Pembaruan atau update windows diperlukan untuk memperbarui patch keamanan dan kompatibilitas hardware. Sebelum melakukan update windows pastikan laptop sudah terkoneksi ke internet. Kemudian klik Start Menu Settings > Updates and Security > Check for Updates. Tunggu beberapa saat sampai selesai dan jangan matikan laptop. Jika sudah selesai maka otomatis laptop akan me-restart. Setelah selesai, kamu dapat mencoba kembali apakah kamera webcam laptop mu sudah berjalan normal atau belum.

  1. Ganti hardware kamera pada laptop

Apabila semua tips di atas telah dicoba namun kamera webcam masih belum bisa berfungsi, maka bisa jadi kamera webcam atau komponen webcam pada laptop kamu sudah rusak. Jika seperti ini, maka segera konsultasikan pada tempat service kepercayaanmu.

Itu dia sahabat techie cara mengatasi apabila webcam kita error, semoga bermanfaat!