Halo Sahabat techie! 

Hayo saat ini masih banyak pengguna laptop yang masih belum bisa membedakan apa itu Laptop, Notebook, Netbook dan Ultrabook sobat techie termasuk gak? Hal ini membuat banyak yang keliru dan kebingungan saat ingin membeli laptop baru. Kali ini yuk kita bahas beberapa perbedaan dan spesifikasinya

1. Laptop atau Notebook

Banyak orang yang masih kebingungan dan berargumen saat membedakan Laptop dan Notebook. Padahal dua hal ini adalah barang yang sama. Dahulu Laptop dan Notebook sempat dibedakan karena dari ukuran dan spesifikasinya, namun seiring berjalannya waktu ukuran laptop mengalami banyak perkembangan yang membuat laptop menjadi lebih kecil dengan spesifikasi tinggi sehingga sama dengan notebook. Laptop atau Notebook merupakan computer compact yang diciptakan untuk menggantikan komputer dan dapat dibawa kemana — mana dengan mudah. Biasanya berat dari laptop saat ini adalah 3 – 4 kg dengan ukuran layar 14 inch hingga 16 inch. Laptop saat ini dibagi beberapa macam, ada yang memiliki DVD room, ada juga yang tidak dilengkapi dengan DVD rom, semua tergantung dari produsen laptop itu sendiri. Nah, sekarang sobat techie tidak perlu bingung lagi ketika ada yang bertanya laptop atau notebook.

2. Netbook

Netbook merupakan perangkat laptop dengan ukuran yang lebih kecil dan dengan spesifikasi yang lebih rendah. Biasanya, netbook ini berukuran 9 — 10 inch dengan berat 1 — 2 kg. Netbook ini cocok digunakan untuk pekerjaan ringan seperti ms. office atau untuk browsing saja. Sobat techiei juga tidak akan menemukan DVD atau CD rom pada netbook karena memang didesain khusus untuk lebih mduah dibawa kemana — mana.

3. Ultrabook

Ultrabook merupakan laptop keluaran terbaru yang didesain lebih tipis dengan spesifikasi yang sangat tinggi. Laptop jenis ini pertama kali dikenalkan oleh Intel, bisa dikatakan juga jika laptop jenis ini adalah macbook versi Intel. Pada perangkat ini biasanya sudah tidak dilengkapi oleh harddisk tapi sudah menggunakan SSD (Solid State Drive), yaitu tempat penyimpanan dengan teknologi lebih baru cepat dan juga handal. Processor yang digunakan juga merupakan processor generasi terbaru seperti Intel Core i5 atau Core i7. Contoh merek ultrabook terbaik adalah ASUS, Lenovo dan HP.

Nah itu dia perbedaan Laptop, Notebook, Netbook, dan Ultrabook. Semoga sahabat techie gak bingung lagi ya! Jika kamu memiliki masalah pada laptop, atau komputer kamu, yuk silahkan bawa ke Pemmztechie!