Halo Sahabat techie!

Sahabat techie mungkin kamu akan menemukan wildcard yang meminta kalian untuk menghapus folder Windows System32 di komputer. Tapi apa sih folder Windows misterius ini, dan mengapa banyak orang menyuruh kita untuk menghapusnya? Lalu, apa yang terjadi jika kalian menghapus System32 sepenuhnya? Yuk bahas bersama!

Apa itu System32?

System32 adalah folder yang ada di semua versi Windows sejak Windows 2000. Terletak di C:\Windows\System32 dan mencakup semua jenis file dan folder yang penting untuk fungsi normal Windows.

Ada terlalu banyak file di System32 untuk dibahas satu per satu, meskipun pengguna forum Symantec telah menjelaskan banyak dari mereka jika kalian tertarik. Secara umum, kalian dapat membagi sebagian besar konten System32 menjadi dua grup: file

Dynamic Link Library (DLL) yang memungkinkan program mengakses bagian Windows dan melakukan tugas standar. Misalnya, satu file DLL memungkinkan komputer untuk memutar suara, sementara yang lain mungkin mengaktifkan Pembaruan Otomatis Windows. Windows tidak dapat memulai tanpa mereka, itulah mengapa sangat rumit untuk memperbaiki kesalahan DLL.

File EXE (executable) adalah aplikasi dan utilitas perangkat lunak. Eksekusi kalian dimulai setiap kali membuka perangkat lunak seperti Word atau Chrome. Tapi EXE di System32 lebih penting: selain utilitas Windows seperti Event Viewer (eventvwr.exe), ini termasuk executable untuk proses Manajemen Tugas penting seperti winlogon.exe. Tanpa itu, kita bahkan tidak bisa masuk ke PC.

Selain itu, System32 berisi folder driver (konten yang memungkinkan komputer kita berinteraksi dengan berbagai perangkat keras), file bahasa, dan banyak lagi.

Lalu bagaimana cara menghapus folder System32 di Windows?

Terlepas dari lelucon internet, menghapus System32 bukanlah urusan satu klik. Karena ini adalah folder sistem yang dilindungi, Windows akan menolak kita untuk mengaksesnya jika kalian mencoba menghapusnya. Ini cukup untuk mencegah pengguna yang tidak berpengalaman menghapus folder secara tidak sengaja.

Namun, jika kalian bertahan, sobat techie dapat melanjutkan jalan destruktif. Mengambil kepemilikan folder memungkinkan kita untuk mencoba menghapusnya, tetapi Windows memblokirnya karena secara aktif menggunakan banyak file di System32.

Sebagai alternatif, kita dapat mulai menghapus file individual di System32 atau menggunakan prompt perintah untuk penghapusan yang lebih efisien. Jika\ melakukan ini, Windows akan mengizinkan sobat techie menghapus file yang sedang tidak digunakan.

Setelah menghapus system23, apa ya yang terjadi?

Jika kita melanjutkan dengan menghapus file acak di System32, komputer kita akan mulai berkompromi secara perlahan. Fungsi dasar, seperti meluncurkan program, mencari di menu Mulai dan membuka utilitas Windows tidak akan lagi berfungsi karena kita menghapus file yang mereka hitung.

Tergantung pada apa yang dihapus, kita bahkan tidak dapat mematikan komputer normal. Setelah melakukan shutdown dan restart, Mungkin akan menemukan bahwa Windows tidak akan memulai tanpa DLL penting ini. Jelas instalasi Windows kita berhasil pada titik ini.

Jika kita bertindak terlalu jauh, bisa jadi kita harus menginstal ulang Windows agar semuanya berfungsi dengan baik lagi. Fungsi seperti Pemulihan Sistem dapat dihancurkan oleh tindakan yang kita lakukan, membuat kita harus menginstal ulang dari awal.

Melihat semua ini, jelas bahwa Windows melindungi folder ini karena suatu alasan. Jika tidak dilindungi dan seseorang tidak tahu lebih baik, mereka dapat mencoba menghapus folder untuk menghemat ruang dan berakhir dengan kejutan yang tidak menyenangkan, nah semoga sahabat techie disini dapat wawasan baru ya!