Sahabat techie! Siapa yang disini masih belum merasa kalau anti virus itu penting? Atau tidak menggunakan anti virus? 

User yang teliti dan jeli dapat lolos dari jebakan scammers. Tapi bagaimana dengan pengguna pemula atau pemula? Mereka pasti akan jatuh ke dalam perangkap ini, dengan secara tidak sengaja mengunduh file yang tidak diinginkan seperti virus dan menginstalnya di sistem.

Jika malware telah menginfeksi sistem, terkadang Windows tidak dapat memperbarui, bahkan pemulihan sistem pun tidak dapat memperbaiki masalah. Ini karena kamu akan sulit untuk menemukan malware yang sembunyi. Mereka juga tidak ingin dihapus dan disimpan di komputer milik kita.

Lalu apa tanda jika komputer yang kita miliki terinfeksi malware? Bahas bersama yuk!

Sebenarnya, tanda-tanda infeksi malware bergantung pada jenis malware, sehingga sulit untuk mengidentifikasi malware hanya dengan 1 tanda yang sama.

Tetapi berikut adalah tanda-tanda umum bahwa komputer Anda terinfeksi malware:

1. Komputer Anda berjalan lambat

Malware menyebabkan komputer kita menjadi lebih lambat dari biasanya. Apalagi jika kita belum pernah menginstal aplikasi dan komputer tiba-tiba menjadi lambat, ini tanda yang harus diwaspadai!

Seperti disebutkan di atas, malware tidak ingin dihapus dari komputer miliki kita sehingga, malware melindungi dirinya sendiri dengan menonaktifkan aplikasi yang dapat mendeteksi keberadaan malware dan ketik biarkan saja. Misalnya Pembaruan Windows, Pengelola Tugas, Antivirus, Regedit, Pemulihan Sistem, atau Msconfig tidak dapat berfungsi atau terbuka. Windows defender sudah bagus untuk melindungi perangkat anda.

2. Ada toolbar aneh di browser

Aplikasi apa pun yang kita instal dapat memiliki bilah alat yang terinstal di browser Anda, dan kita biasanya dapat menghapusnya. Tetapi jika saat ingin menghapus dan kita tidak dapat menghapus toolbar, atau jika disaat kita mencoba untuk menghapus toolbar dan muncul kembali, mungkin ada malware di komputer Anda.

3. Halaman beranda dan browser pencarian tiba-tiba berubah

Halaman beranda dan browser pencarian tiba-tiba berubah. Indikator ini mirip dengan kasus toolbar. Jika ini terjadi pada sahabat techie dan kalian mencoba mengembalikannya ke pengaturan default tetapi tidak berhasil maka sahabat techie harus berhati-hati. Jangan sembarangan masuk ke akun penting yang kita punyai, seperti rekening bank, email, jejaring sosial atau situs web lainnya.

Jadi apa yang harus dilakukan ketika mendeteksi tanda-tanda di atas? Karena perangkat lunak anti-virus Anda tidak dapat menemukan dan menghapus malware, kita harus mencoba perangkat lunak anti-virus lain yang tidak diinstal di komputer milik kita.

Coba juga memindai dalam Safe Mode with Network Connection. Dengan cara ini, sahabat techie dapat menjalankan Windows dengan sistem minimal, tetapi sahabat techie  tetap dapat menggunakan koneksi internet Anda untuk memindai virus.

Semoga komputer atau perangkat lain milik sahabat techie tidak terkena virus ya! Yuk jaga perangkat kita sebaik mungkin.