Sahabat techie pernah dengar tidak mengenai bit windows 10 dan perbedaan dari tipe tipe nya? Atau yang dimiliki oleh sahabt techie pada perangkat pribadi?

Lalu gimana ya caranya untuk mengecek hal tersebut? Untuk mengetahui basis dari Windows 10 sebenarnya tidak rumit, hanya terkadang user tidak memperdulikan hal tersebut. Padahal dengan mengetahui karakter Windows, pengguna akan semakin mudah saat mengoperasikan laptopnya. Ada berbagai cara melihat diantaranya sebagai berikut:

  1. Melalui Setting

Pertama, buka menu “start” lalu pilih settings. Setelah itu akan muncul beberapa menu, klik pada “system”. 

Setelah itu scroll ke bawah atau search “About your PC”. Selanjutnya, pengguna akan melihat tipe atau basis bit pada Windowsnya. Perhatikan pada system type. Selain untuk mengetahui tipe sistem atau bit, pengguna juga bisa melihat beberapa informasi mengenai PC nya.

  1. Melalui File “This PC”

Langkah pertama yaitu membuka file explorer. Kemudian klik kanan pada file “this PC”. Dari situ akan disuguhkan beberapa tulisan petunjuk untuk mengetahui informasi mengenai file. 

Namun, jika pengguna ingin melihat bit pada laptop, maka buka pada “properties”. Setelah berhasil membuka, pengguna akan mengetahui tipe bit pada laptop atau PC nya.

  1. Melalui Sistem Control Panel

Ada lagi cara untuk mengetahui bit laptop Windows 10, apakah 32 bit atau 64. Cara ketiga ini adalah melalui sistem control panel. 

Caranya cukup mudah. Pertama, klik di sistem lalu ” control panel” selanjutnya klik pada pilihan “system and security” dan pilih “system”

Lalu apa perbedaan Basis 32 Bit dan 64 Bit Pada Windows 10 di Laptop?

Perbedaan pertama adalah di penggunaan RAM. Pada tipe 32, batasan RAM tentunya lebih kecil dari pada 64 bit. Biasanya 32 bit mempunyai ukuran RAM lebih kecil.

Perbedaan kedua terletak dalam pemrosesan data. Sebenarnya angka 32 dan 64 sudah menunjukkan jumlah banyak dan sedikitnya data yang dapat diproses. Windows 10 basis 64 bit lebih banyak memproses data dalam suatu waktu. Begitu juga sebaliknya, 32-bit akan memproses data lebih sedikit.

Perbedaan ketiga yang harus pengguna ketahui adalah dalam performs Windows 10. 64 bit pada Windows 10 tentunya lebih baru daripada 32 bit. Oleh karena itu, performa dari 62 bit juga lebih canggih dibanding dengan 32 bit. Basis 64 juga lebih bisa diandalkan untuk melakukan suatu pekerjaan yang berat.

Selain itu, 64 bit mempunyai kelebihan mampu mengoperasikan Windows lebih cepat. Artinya, lebih cepat dalam menjalankan perangkat lunak terbaru dibanding dengan 32 bit. Serta mampu mengoperasikan perangkat lunak 32 bit.

Nah Itulah beberapa cara melihat bit laptop Windows 10, beserta perbedaannya sobat techie! Dengan mengetahui perbedaan tipe Windows 10, user bisa mempertimbangkan kembali apakah basis Windowsnya akan diupgrade atau tidak. Namun, hal itu juga harus disesuaikan dengan kebutuhan kita ya!