Halo sahabat techie!

laptop sendiri merupakan bagian dari kegiatan sehari-hari di kehidupan kalian, baik untuk bekerja, belajar, maupun untuk sekedar hiburan. Ketika laptop rusak pun banyak hal yang tertunda karena laptop yang tidak bisa digunakan. Oleh karena itu, merawat laptop merupakan hal yang harus kamu lakukan nih sahabat, yuk simak artikel berikut mengenai hal yang harus kamu lakukan.

1. Bersihkan keyport dan keyboard

Laptop punya celah di bagian keyboard dan lubang port. Nah, celah-celah ini rawan diisi oleh debu atau kotoran lainnya. Oleh karena itu, bersihkan lubang ini secara rutin, ya! Kamu bisa menggunakan vacuum cleaner kecil yang mengambil tenaga dari USB. Kalau sampai rusak, keyboard sulit dibetulkan. Belum lagi, harganya tidak murah.

2. Lap layar laptop dengan rutin

Jangan lupa, lap layar komputer portabelmu dengan rutin, ya! Jangan tunggu sampai ada noda membandel yang sulit dibersihkan. Seperti yang dianjurkan agar saat ingin membersihkan layar laptop, bisa menggunakan lap microfiber. Ini merupakan kain yang biasa digunakan untuk mengelap kacamata.

Dengan cara ini, sahabat techie bisa merawat layar laptop milikmu dengan baik. Monitormu bersih, goresan juga bisa terhindari.

3. Gunakan Tas yang tepat

Untuk para pelajar dan mahasiswa yang sering menbawa laptop di dalam tas, utamakan tas yang digunakan sudah tepat. Sebaiknya gunakan tas khusus yang didesain untuk laptop. Agar laptop anda tetap terlindungi.

4. Jangan gunakan laptop di atas kasur.

Memang nyaman rasanya menggunakan laptop di atas kasur. Namun perlu diperhatikan, bahwa menggunakan laptop diatas kasur menyebabkan panas dari laptop tidak keluar sempurna sehingga laptop mengalami overheat.

5. Matikan laptop sesuai dengan ketentuan

Jangan matikan laptop anda denagn cara menekan tombol power, usahakan matikan sesuai dengan ketentuannya.

6. Jangan gunakan laptop sampai baterai kosong hingga 0%

Hal tersebut bakal memperpendek umur baterai laptop. Jadi jika laptop hampir benar benar low usahakan lekas charger kembali.

7. Jaga airflow

Cara merawat laptop selanjutnya berkaitan dengan suhu.

Coba perhatikan, gadget-mu yang satu ini pasti punya bagian exhaust. Biasanya, ini merupakan bagian terpanas di permukaan gadget-mu yang satu ini.

Daerah itu memang jadi lubang keluarnya suhu tinggi dari mesin laptop. Demi menjaga kesehatannya, jangan tutupi exhaust dengan apa pun, ya! Ini biasanya tak sengaja terjadi saat kamu memakai laptop di atas permukaan yang empuk. Jadi, hindari hal itu, ya!

Nah itu dia beberapa tips and trick cara menjaga dan merawat laptop kita agar tetap terjaga dan awet ya!