Sahabat techie, sebelumnya kita sudah bahas penyebab keyboard rusak. Tapi apabila keyboard sudah telanjur rusak tanpa tahu penyebab pastinya, hal yang harus sobat techie lakukan adalah dengan mencoba berbagai langkah darurat sebagai upaya untuk bisa mengembalikan fungsi keyboard laptop. 

Kira-kira apa saja ya yang bisa dilakukan untuk memperbaiki keyboard yang rusak? Sini admin kasih tau!

1. Cek Num Lock

Cara memperbaiki keyboard laptop yang pertama adalah dengan mengecek tombol Num Lock. Salah satu penyebab keyboard tidak berfungsi secara tiba-tiba terkadang datang dari kesalahan pengguna laptop sendiri.

Salah satu yang paling sering terjadi adalah dikarenakan tidak sengaja mengaktifkan fitur Num Lock. Fungsi Num Lock sendiri yakni berfungsi untuk mengkonversi bagian keyboard utama yang berperan sebagai keypad numerik.

Saat Num Lock aktif, maka hampir sebagian keyboard tidak berfungsi dengan normal. Untuk menonaktifkan Num Lock, sahabat techie bisa menekan tombol Fn dan kombinasikan dengan tombol “NumLk” secara bersamaan. Namun, hal ini juga tergantung dengan jenis atau model keyboard laptop yang digunakan.

2. Restart Laptop/Komputer

Jika Num Lock memang bukan menjadi penyebab utama keyboard tidak berfungsi, maka langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan me-restart laptop atau komputer. Me-restart laptop merupakan salah satu cara yang ampuh untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang terjadi pada laptop atau komputer, termasuk keyboard error.

Jika laptop tidak merespon saat di-restart, bisa mencobanya dengan menekan tombol power selama beberapa detik.

3. Lakukan System Restore

Keyboard laptop masih tidak berfungsi setelah di-restart? Maka cara memperbaiki keyboard laptop berikutnya yang bisa dicoba adalah dengan melakukan system restore. Jika keyboard laptop tidak berfungsi di windows 7 atau windows 8, pilih Start Menu ketik “Recovery”. Sedangkan untuk windows XP, klik Start > All Program > Accessories > System Tools, kemudian pilih “System Restore”.

4. Perbaiki Driver Keyboard

Masalah selanjutnya yang bisa jadi penyebab keyboard laptop tidak berfungsi semua adalah karena terjadi error pada driver. Hal ini bisa terjadi saat menginstall software yang terdapat virus. Untuk memastikannya, bisa langsung mengeceknya di Device Manager pada bagian Keyboard.

Jika menemukan tanda segitiga kuning, maka itu tandanya driver keyboard yang gunakan sedang bermasalah. Untuk mengatasinya, download dan install driver terbaru di website resmi merek laptop.

5. Cek Pengaturan Keyboard

Keyboard laptop mengetik sendiri? Jika iya, mungkin yang harus di cek adalah bagian pengaturan keyboard. Pada beberapa kasus, keyboard dengan fitur program bawaan terkadang tidak berfungsi dengan baik. Salah satu contohnya, jika pernah mengatur “Repeat Delay” terlalu singkat, membuat tombol keyboard saat ditekan sekali seperti ditekan berkali-kali.

Masalah ini bisa diatasi dengan cara berikut:

  • Pergi ke Start Menu, lalu pilih Control Panel
  • Kemudian pilih Ease of Access
  • Klik tombol Make the keyboard easier to use
  • Lalu klik set up filter key dan pilih Uncheck All

Jika sudah mengikuti cara memperbaiki keyboard laptop yang tertera di atas, cek kembali apakah keyboard sudah berfungsi dengan normal. Jika masih error, nonaktifkan setting Sticky Keys pada menu di atas.

6. Ganti Layout Keyboard

Jika beberapa cara memperbaiki keyboard laptop tadi masih belum bisa memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi semua, maka bisa jadi penyebab kerusakan keyboard terjadi pada layout-nya. Masalah yang terjadi pada layout bisa menyebabkan keyboard masih berfungsi sebagian, tetapi huruf yang ditekan tidak sesuai dengan yang muncul pada layar

Untuk memperbaiki settingan layout yang mungkin berubah, bisa mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Klik Start Menu
  • Searching “Language” pada kolom pencarian
  • Pilih bahasa yang ingin digunakan
  • Pilih Options, kemudian pastikan tulisan “US QWERTY” terletak di bagian bawah Keyboards pada halaman berikutnya
  • Kamu boleh hapus beberapa layout keyboard yang tidak diperlukan

7. Bersihkan Keyboard dari Debu atau sisa Makanan

Tidak semua keyboard laptop mengalami rusak total, ada juga sebagian tombolnya saja yang tidak berfungsi, tetapi tombol yang lain masih bisa digunakan dengan normal. Hal ini bisa jadi disebabkan oleh debu ataupun sisa-sisa makanan yang berada di bagian sela-sela keyboard, sehingga tombol keyboard terhambat oleh debu dan sisa makanan yang menumpuk.

Tak perlu membongkar keyboard membersihkannya dari kotoran dan debu. Kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Pastikan laptop atau komputer dalam keadaan mati
  • Miringkan laptop pada posisi 90 derajat dengan tujuan agar lebih memudahkan kamu untuk membersihkan debu
  • Pada posisi miring tersebut, goyang-goyang kan laptopmu agar debu atau sisa makanan yang ada pada sela-sela keyboard jatuh
  • Bersihkan bagian sela-sela dan bawah keyboard dengan selotip
  • Lakukan secara berulang sampai keyboard benar-benar bersih dari kotoran dan debu yang tebal

8. Konektor Terlepas

Cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi semua umumnya hanya perlu dengan menginstal driver. Namun, jika keyboard laptop masih rusak dan belum terdeteksi penyebabnya, mungkin bisa mengecek konektor yang ada pada komponen keyboard.

Konektor keyboard yang renggang, tertekuk, atau lepas tentu saja bisa membuat keyboard tidak berfungsi dengan normal. Untuk memastikan konektor keyboard bermasalah atau tidak, bisa membongkar keyboard sendiri dengan menonton beberapa tutorialnya di YouTube. Jika ragu untuk melakukannya, sebaiknya serahkan pada orang yang ahli.

9. Lepas Baterai Laptop

Mereset laptop dipercaya dapat memperbaiki beberapa masalah yang terjadi pada laptop, salah satunya keyboard yang tidak berfungsi. Dengan cara ini, bisa jadi keyboard laptop yang rusak bisa berfungsi kembali. Berikut langkah-langkahnya:

  • Matikan laptop
  • Setelah tunggu beberapa saat, lepas adaptor dan baterai laptop, lalu diamkan 2-3 menit.
  • Dalam posisi baterai lepas, tekan tombol power selama 1 menit
  • Setelah itu, masukkan kembali baterai laptop, dan nyalakan

10. Ganti Keyboard Bawaan

Jika sudah memastikan konektor keyboard tidak terlepas, tetapi keyboard masih bermasalah, cara lain untuk mengatasinya adalah dengan mengganti keyboard bawaan. Cara memperbaiki keyboard laptop ini dipercaya bisa menjadi solusi untuk memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi.

Untuk mencari keyboard bawaan, bisa membelinya lewat berbagai aplikasi online. Namun yang perlu dicatat, pastikan keyboard bawaan yang dibeli sesuai dengan merek dan tipe laptop yang gunakan. bisa mengganti sendiri keyboard yang baru dengan menonton berbagai tutorialnya di YouTube.

11. Menggunakan On Screen Keyboard

Jika tidak sempat melakukan beberapa cara mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi di atas, bisa menggunakan On Screen keyboard sebagai cara memperbaiki keyboard laptop error. Tak perlu install aplikasi lagi, hanya perlu pergi ke Start Menu > Program > Accessories > Accessibility, lalu pilih On Screen Keyboard.

Setelah mengikuti langkah-langkah tersebut, maka akan muncul On Screen Keyboard pada layar laptopmu. On Screen Keyboard berfungsi layaknya keyboard pada umumnya. Hanya saja perbedaannya terletak pada penggunaannya yang menggunakan touchpad atau mouse.

Mungkin pemakaiannya tidak senyaman dan sefleksibel keyboard asli, tetapi fitur ini cukup menjadi solusi untuk keadaan terdesak di kala keyboard laptop sedang tidak bisa digunakan.

12. Bawa ke Service Center

Cara memperbaiki keyboard laptop terakhir yang bisa tempuh untuk memperbaiki keyboard laptopmu yang sudah tidak berfungsi adalah dengan membawanya ke service center. Dengan dibawa pada service center, besar kemungkinannya keyboard laptop akan berfungsi kembali.

Jika asuransi laptopnya sudah hangus, tak ada salahnya mencoba berbagai bantuan teknisi komputer untuk memperbaikinya. Perlu diingat, dalam proses service, sebaiknya ikut memperhatikan penyebab mengapa keyboard tersebut rusak. Setidaknya dengan mengetahui penyebab pastinya, sudah bisa tau apa yang perlu dilakukan.

Nah itu dia sahabat techie beberapa cara untuk memperbaiki keyboard laptop yang rusak, kalau bisa langsung di service apabila memang tidak bisa diperbaiki sendiri ya! Jika kamu memiliki masalah pada keyboard atau perangkat kamu, kamu bisa langsung membawanya ke Pemmztechie!