Laptop merupakan bagian yang penting dalam komponen laptop, tentunya penggunaan keyboard sangat sering dan sebagian kegiatan di laptop membutuhkan keyboard. Tetapi seringkali keyboard bermasalah dan menyebabkan beberapa tombol pada keyboard tidak berfungsi.

Hal tersebut biasanya terjadi karena ada nya masalah failure di bagian mekanis, terkadang  hal ini membuat kita membutuhkan keyboard yang baru, akan tetapi terkadang tombol yang tidak berfungsi dapat diperbaiki sendiri loh sahabat. Artikel kali ini akan membahas beberapa masalah umum dan penyebab dari keyboard tidak berfungsi sebagian yang sering terjadi!

1. Penuh debu atau sisa makanan

Tahukah kamu sahabat techie, jika debu atau sisa makanan yang jatuh di sela-sela keyboard ternyata bisa menjadi faktor utama mengapa sebagian keyboard menjadi tidak berfungsi loh sahabat.  

2. Tersiram air

Keyboard yang tersiram atau terkena tumpahan benda cair tentu saja akan berdampak pada bagian dalam keyboard yang membuatnya menjadi rusak sahabat, maka dari itu kamu perlu berhai-hati jika sedang minum didekat perangkat.

3. Gangguan hardware

Tahukah kamu sahabat techie, jika keyboard laptop kamu bermasalah, maka bisa disebabkan karena adanya bantalan keyboard yang sudah mulai tidak sensitif ataupun longgar.

4. Gangguan software

Beberapa software pada laptop atau komputer kamu mungkin tidak cocok digunakan dengan keyboard yang kamu punya, sehingga terdapat gangguan pada keyboard kamu.

5. Driver keyboard yang salah

Kinerja driver keyboard dapat berfungsi salah jika digunakan dengan tidak benar seperti disaat ketika kita mematikan laptop dengan tidak benar dan tidak melalui perintah shutdown juga dapat menjadi memperburuk masalah ini.

6. Keyboard rusak

Ketika kita mengalami keyboard yang rusak atau tidak berfungsi sebagian tentu akan membuat kita kesulitan untuk mengatasinya dan terkadang hal ini membutuhkan teknisi. Saat kamu mengalami keyboard yang rusak atau tidak berfungsi sebagian ada baiknya untuk mengembalikan ke tempat kau membeli, jika masih memiliki kartu keren sih kamu dapat memper baiki laptop dalam waktu yang singkat.

7. Koneksi jelek

Ternyata perangkat keras dapat mengalami koneksi yang buruk ke motherboard. Keyboard pada laptop sahabat techie mungkin akan berhenti sementara atau tidak berfungsi sama sekali dalam beberapa hal, masalah ini bisa dialami apabila kabel pita longgar.

Nah, itu dia beberapa penyebab kenapa keyboard laptop tidak berfungsi, ayo kita jaga baik-baik perangkat kita sahabat techie! Agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama, jika kamu memiliki masalah ini, kamu bisa membawanya ke Pemmztechie ya sahabat!