Halo sahabat, artikel kali ini akan membahas mengenai cara mengatasi laptop lemot. Tapi apakah kamu tau apasih yang menyebabkan laptop bisa menjadi lemot?

Laptop lemot bisa disebabkan karena berbagai macam hal, dari debu, aplikasi yang digunakan, virus, bahkan sampai adanya kerusakan sistem. Yuk simak artikel berikut ini, untuk mengetahui cara mengatasinya!

1. Uninstall applikasi yang tidak digunakan

Mungkin dari kalian terlalu banyak menginstal aplikasi dan kapasitas penyimpanan pada Drive C akan menjadi penuh, sehingga membuat sistem terlalu lama dalam membaca hard disk.

2. Menggunakan anti-virus

Salah satu alasan yang mudah ditemukan mengenai kenapa perangkat laptop menjadi lemot adalah karena terkena virus atau malware. Solusinya adalah untuk selalu update antivirus, agar berbagai macam virus dapat terbaca dengan antivirus yang sudah diinstall.

3. Bersihkan Desktop dan Aplikasi Saat Startup

Jika kamu menyimpan terlalu banyak aplikasi pada desktop akan menyebabkan laptop lama dalam merespon perintah user. Apalagi kalau spesifikasi laptop tidak mendukung, usahakan jangan terlalu banyak aplikasi yang berjalan saat laptop startup. Sahabat techie kamu bisa mematikan beberapa aplikasi tertentu dengan membuka task manager, lalu pilih startup.

4. Menambah kapasitas RAM

Cara mengatasi laptop lemot lainnya ada pada penambahan RAM. Jika menambahan kapasitas RAM 8 GB atau RAM 16 GB bisa dilakukan apabila sahabat techie mempunyai kebutuhan yang sesuai dengan budget yang pas. Jangan lupa untuk mencari tahu berapa kapasitas maksimal RAM yang bisa diaplikasikan pada laptop kalian ya sahabat.

4. Gunakan Cooling Pad

Suhu laptop yang panas dapat membuat kinerja laptop menjadi lebih lambat. Maka Anda bisa menggunakan perangkat cooling pad sebagai kipas tambahan yang bisa menjaga suhu laptop agar tidak terlalu panas. Sahabat techie juga bisa menggunakan vacuum cooler yang dapat menyedot keluar udara panas di dalam laptop. Keduanya akan sangat membantu untuk menjaga suhu laptop pada saat digunakan.

5. Bersihkan Drive C

Saat laptop sudah berusia tua, umunya di atas 3 tahun, kinerjanya juga pasti akan ikut menurun. Salah satu solusi yang bisa dilakukan saat laptop lemot adalah dengan rutin membersihkan Drive C.

Sahabat techie bisa mengecek dan memilih aplikasi-aplikasi yang memberatkan laptop atau aplikasi yang sudah tidak digunakan. Lakukan uninstal agar bisa meningkatkan kinerja laptop Anda.

Nah itu dia sahabat techie cara-cara agar laptop kita jadi tidak lemot lagi alias lebih gesit, sahabat techie semua mau mencoba? Jika kamu tidak ingin melakukan hal semua diatas, kamu bisa langsung membawanya ke Pemmztechie ya sahabat.