Halo sahabat techie!

Mungkin sistem cooling untuk CPU sudah tidak asing lagi ya bagi kalian, karena sistem cooling dapat membantu PC dan Laptop kita tetap terjaga!

Tapi kalian tau nggak sih kenapa sih cooling sistem itu penting? Sama seperti berbagai hardware dari perangkat kalian, saat digunakan pasti akan panas dan butuh ‘didinginkan’ agar performa dari perangkat kalian tetap berjalan secara maksimum!

Cara kerja nya cooling sistem sendiri itu seperti apa sih?

Cooling sistem itu menyerap panas di CPU kalian agar tidak overheat. 

Cooling sistem sendiri memiliki 2 jenis yang berbeda loh! Ada water cooling dan air cooling, beda nya apa? Mari kita bahas bersama!

1.Water Cooling

Cara kerja water cooling sangat bagus, sistem ini menyalurkan cairan dan memungkinkan untuk mendinginkan hardware dengan lebih baik dengan hanya memakan space lebih sedikit dan tidak berisik. Banyak loh yang bilang kalau sistem pendinginan dengan water cooling seperti seni karena visual nya yang menarik!

2. Air Cooling

Sistem pendingin ini paling umum karena relatif mudah dirawat selain itu murah serta mudah dipasang. Kipas mendorong angin dari unit cooling dan berputar untuk meningkatkan pendinginan. 

Lalu, perbedaan dari 2 sistem cooling diatas apa?

  1. Biaya : water cooling membutuhkan biaya yang lebih besar dibandingkan dengan air cooling budget yang dikeluarkan lebih banyak.
  2. Ukuran : air cooling memiliki ukuran yang lebih besar daripada water cooling sehingga lebih memakan ruang.
  3. Cara pasang : ini pasti menjadi pertimbangan juga sobat techie, karena cara memasang water cooling yang lebih rumit kalau dibandingkan dengan sistem air cooling.
  4. Suara : untuk para sobat techie yang memiliki concern dibagian ini, pasti bingung ingin memilih yang mana, diantara kedua cooling sistem ini water cooling lebih hening karena sistem all in one atau AIO yang digunakan.

Itu dia penjelasan singkat tentang sistem cooling untuk CPU dari perangkat yang kita miliki, semoga informasi ini dapat membantu kalian.