Halo sahabat techie!

Kalian pernah denger gak sih dengar istilah overclocking?

Mungkin banyak dari kalian yang pernah dengar tentang overclocking, tapi sebenarnya apa sih overclocking itu?

Overclocking adalah istilah dimana kita melakukan upgrade atau melakukan tindakan agar perangkat milik kita dapat berjalan di kecepatan yang melebihi kecepatan original dari perangkat kita, atau dibilang juga meningkatkan clock rate perangkat. Jadi kegunaan dari overclocking adalah untuk membuat perangkat kita bekerja lebih baik atau tinggi lagi, dengan kinerja kecepatan yang melebihi sebelumnya. 

Proses overclocking dapat membuat proses kerja dari perangkat kita meningkat tetapi tentu nya memiliki risiko yang dapat membuat sistem dari perangkat yang kita miliki menjadi tidak stabil dan perangkat kita akan lebih panas, oleh karena itu dibutuhkan juga cooling system yang lebih kuat lagi untuk menjaga perangkat kita tetap baik.

Umumnya, overclocking dilakukan untuk PC dan digunakan untuk CPU atau GPU tetapi tentu saja dapat digunakan di hardware lain. Tetapi overclock sendiri dapat dilakukan sesuai dengan motherboard yang kita miliki, karena banyak motherboard yang di locked agar tidak dapat melakukan overclock.

Jaman sekarang sudah banyak perangkat yang memang dirancang untuk melakukan dan mensupport overclock, sehingga dapat meminimalisir kerusakan akibat overclock bahkan bisa dibilang overclocking sudah tidak perlu dilakukan lagi karena meningkatnya perkembangan teknologi.

Melakukan overclocking memiliki banyak risiko walaupun dengan manfaat yang jelas yaitu meningkatkan kecepatan perangkat. Karena overclocking dapat membuat panas yang luar biasa, maka dari itu harus menggunakan cooling system yang lebih mahal yaitu water cooling system, yang berfungsi untuk menjaga agar perangkat tidak rusak karena banyak kasus dimana melakukan overclocking tetapi cooling system yang tidak support sehingga membuat perangkat rusak permanen.

Ada juga kasus dimana perangkat menjadi tidak stabil serta melakukan overclocking mengakibatkan garansi yang kita miliki hilang atau hangus.

Sebelum melakukan hal-hal diluar yang tidak harusnya dilakukan, atau tidak disarankan, sebaiknya melakukan riset secara matang-matang dan jangan dilakukan tanpa pengetahuan profesional ya! Untuk menghindari perangkat menjadi rusak sahabat.