Halo Sahabat Techie!

Apakah kalian tau kalau sekarang ini kalian sudah bisa ngerakit mechanical keyboard kalian sendiri loh! Mau tau apa aja yang harus diperhatiin buat ngerakit keyboard kalian sendiri? Yuk simak sekarang!

Pertama kalian harus tau dulu nih bahwa Mechanical keyboard itu terbagi kedalam beberapa komponen seperti switch, PCB, Casing, Keycaps, Mounting Plate, dan Stabilizer. Nah selain itu, kalian juga harus menentukan layout size apa yang akan kalian bikin buat keyboard kalian, karena layout keyboard kalian juga terbagi kedalam beberapa jenis seperti Full size atau 100%, Tenkeyless (TKL) atau 80%, 75%, 65%, 60%, dan 40%.

Untuk merakit keyboard tentu saja kalian harus mempunyai semua komponennya, berikut beberapa komponen yang harus kalian punya

1.Case

Untuk case terbagi kedalam beberapa jenis bahan seperti akrilik, plastik, alumunium, dan resin. 

2. PCB

PCB merupakan suatu komponen yang memiliki fungsi seperti motherboard pada PC, dan tempat menaruh switch dan menghubungkan ke komponen lainnya.

3. Mounting plate

Mounting plate berfungsi sebagai tempat menaruh switch dan meluruskan switch yang sudah terpasang pada PCB.

4. Stabilizer

Fungsi dari part yang satu ini adalah untuk menyetabilkan keycaps yang terletak pada tombol yang panjangnya lebih dari 2 unit seperti spacebar, shift, capslock, dan sebagainya.

5. Switch

Switch merupakan salah satu komponen yang paling esensial pada part ini. Fungsi switch sendiri adalah sebagai tombol untuk menginput tiap ketikkan. Switch sendiri terbagi kedalam beberapa jenis seperti clicky, linear, dan tactile.

6. Keycaps

Keycaps merupakan part yang membuat keyboard menjadi lebih personal. Pada dasarnya jenis keycaps pada keyboard sangat banyak tergantung dengan jenis profilnya. Dalam keycaps ada beberapa aspek dimulai dari bahan, warna, font tulisan, bahkan tinggi keycaps tersebut. Sekarang ini profile yang paling populer digunakan adalah profile Cherry (profile merupakan aspek tinggi dari keycaps). Selain itu, kalian juga bisa menyesuaikan keycaps dengan tema keyboard kalian secara personal, karena adanya pilihan warna dan jenis yang sangat luas.

Nah gimana sahabat Techie, sekarang kalian udah tau kan part-part apa aja sih yang dibutuhin dalam ngerakit keyboard? Kira kira kalian tertarik ga nih buat ngerakit keyboard kalian sendiri?