Sahabat techie disini pasti semua pengguna handphone atau smartphone kan? Pernah gak sih kalian mengalami battery handphone cebat habis, battery bocor, di charge lama penuh atau lainnya?

Pasti hal-hal diatas kalau terjadi, bikin kesal, apalagi disaat sedang butuh eh battery handphone kita malah abis, duh repot banget gak sih?

Terus gimana ya caranya biar handphone kita battery nya tetap awet dan terjaga? Yuk baca tips and trick berikut agar battery handphone kita tetap terjaga!

  1. Hindari menggunakan HP saat sedang mengisi daya (charge)

Kebiasaan pengguna HP saat ini, banyak yang tetap menggunakan HP saat sedang mengisi daya dapat meningkatkan temperatur pada baterai dan berpengaruh terhadap daya hidup baterai. Baterai yang terkuras secara drastis saat dicas disebut pula sebagai “Parastic load”. Kejadian ini biasa terjadi saat bersamaan ponsel sedang diisi dan digunakan untuk mengoperasikan aplikasi yang boros..

Parastic load buruk bagi baterai karena dapat mendistorsi siklus charging atau pemutaran arus saat isi ulang. Apalagi jika parastic load terjadi saat baterai sudah terisi penuh. Maka akan menyebabkan tegangan-tegangan yang lebih tinggi dan menyebabkan baterai menjadi panas. Membuat kehilangan efektivitas lebih cepat. Maka dari itu, tahan diri untuk tidak memainkan HP saat sedang mengisi daya. Untuk menghindarinya, satu-satunya cara yang masuk akal yaitu dengan menonaktifkan smartphone agar tidak ada aktivitas ponsel selain pengisian daya. Jika ada kebutuhan darurat, gunakan seperlunya agar beban kerja ponsel menjadi lebih ringan.

  1. Clear Cache

Mungkin banyak dari Anda tidak mengetahui bahwa Google Play turut berperan dalam menghabiskan daya baterai. Nah, maka dari itu Anda bisa mengurangi tingkat pemakaian Google Play dengan masuk ke menu “Settings”, lalu “Applications”, “All”, pilih “Google Play Service”, terakhir pilih “Clear Cache”

  1. Menggunakan charger original 

Hal ini sangat berpengaruh besar pada umur baterai. Hindari menggunakan charger smartphone lain karena memiliki spesifikasi yang berbeda. Agar baterai tidak bocor, lebih baikbisa menggunakan dengan cara menggunakan charger fast charging agar proses pengisian daya baterai lebih cepat.

  1. Mematikan mobile data dan menyalakan Airplane Mode

Jika Anda sedang sibuk dan tidak menggunakan internet, sobat techie bisa mempertimbangkan untuk mematikan mobile data, koneksi internet dan WiFi untuk menghemat penggunaan baterai. Saat ini, smartphone sudah banyak yang dilengkapi fitur airplane mode dan Anda bisa menggunakannya jika sedang tidak ingin diganggu atau tidur. 

Itu dia sahabat techie beberapa cara agar battery handphone kita tetap awet dan terjaga, supaya kita dapat menggunakan handphone kita dalam jangka waktu yang lama!