Halo sahbat techie!

sahabat techie disini pasti banyak yang pernah dengar tentang bluetooth, dan pasti tidak sedikit juga yang pernah menggunakan bluetooth.

Bluetooth sering dikenal sebagai alat untuk bertukar file secara nirkabel. Tapi, sobat techie tau gak kalau bluetooth bukan hanya berguna untuk mengirimkan file? 

Apa saja ya fungsi-fungsi dari bluetooth?

1. Hotspot atau tethering internet

Ternyata bluetooth juga dapat digunakan untuk tethering internet loh! Sebenarnya tidak ada langkah-langkah tambahan – cukup nyalakan Bluetooth, sambungkan dengan perangkat yang kamu inginkan, dan pilih opsi penambatan Bluetooth untuk mengaktifkannya. Kamu dapat menemukannya di menu Tethering & portable hotspot, di samping opsi tethering USB dan Hotspot.

2. Printing

Mencetak atau print adalah rutinitas yang hampir setiap orang lakukan untuk menyelesaikan tugasnya. Mencetak dengan menyambungkan kabel ke laptop kamu akan sangat repot bagi beberapa orang apalagi kalau kabel printer tersebut pendek. Bagi sobat techie yang tidak ingin lagi repot-repot mencetak dengan mencolokan kabel, kamu bisa beralih menggunakan printer yang sudah support dengan Bluetooth. Kamu bisa cari sendiri  atau browsing mengenai printer apa saja yang sudah support dengan Bluetooth.

3. Mengambil atau mengirim data ke camera

Sekarang banyak sekali kamera yang menggunakan bluetooth untuk bertukar file, dan camera yang sudah support bluetooth memudahkan kita untuk mengambil file yang kita inginkan, tidak perlu repot harus memidahkan nya dulu ke komputer lalu dipindahkan lagi ke handphone, sehingga menghemat waktu juga loh!

4. Mendengarkan musik

Sobat techie tau kan sekarang banyak headphone, earphone dan headset yang menggunakan bluetooth atau biasa disebut sebagai wireless. Nah, untuk menyambungkan dengan device ini diperlukan bluetooth sehingga dapat mendengar musik yang ada. 

5. Bermain game

Ternyata, bermain game juga dapat dilakukan dengan bluetooth loh! Kamu bisa menggunakan Bluetooth untuk bermain game multiplayer. Tak perlu koneksi internet, kamu sudah bisa bermain game bersama teman-temanmu.Google Play Store dan App Play Store menawarkan beragam game berbasis Bluetooth. 

Nah itu dia sahabat techie, beberapa fungsi dari bluetooth yang bukan hanya untuk mengirim file dari 1 handphone ke handphone lainnya!