Sahabat techie tau gak sih kalau ada berbagai jenis RAM yang ada dan digunakan? RAM atau Random Access Memory adalah komponen yang dirancang untuk menyimpan data sementara dan menjalankan instruksi program.

RAM adalah salah satu perangkat keras yang paling penting ketika merancang komputer atau PC (komputer pribadi). Secara umum, RAM dapat melakukan operasi baca atau tulis sebagai kebalikan dari memori yang hanya dapat melakukan operasi baca (memori hanya baca, ROM). Jenis-jenis RAM dapat dibedakan menjadi beberapa jenis sebagai berikut.

DRAM (Dynamic Random Access Memory)

RAM berisi memori semikonduktor yang membutuhkan kapasitor sebagai cadangan untuk menyegarkan data yang ada. Yang unik adalah RAM ini  lebih cepat dari EDORAM. Frekuensi operasi bervariasi antara 4,7 dan 40 MHz (megahertz).

SDRAM (Synchronous Dynamic Random Access Memory)

Berbeda dengan jenis RAM lainnya, RAM ini terbilang cepat di kisaran 100-133MHz. Selain itu, RAM ini memiliki  saluran transmisi data 168-pin. Keistimewaan dari RAM ini adalah memiliki dua celah pada kaki-kakinya dan biasanya dimasukkan ke dalam slot DIMM/SDRAM pada motherboard dan dapat menampung memori sebesar 16MB (megabyte) hingga 1GB (gigabytes).

RDRAM (Rambus Dynamic Random Access Memory)

RAM in  diperkenalkan pada tahun 1995 dengan kecepatan 600 megabyte per detik (MBps). Pada tahun 1998, kecepatannya meningkat menjadi 1 gigabyte/detik (GBps). RAM ini juga memiliki slot pin 184-pin.

SRAM (Static Random Access Memory) Tidak seperti

DRAM, SRAM berisi RAM yang terbuat dari bahan semikonduktor yang tidak memerlukan kapasitor atau penyegaran berkala. Dengan cara ini, kinerja RAM yang satu ini meningkat. SRAM dirancang dengan desain cluster 6 transistor untuk menyimpan semua bit informasi. Namun, karena biaya produksi yang tinggi dan kapasitas penyimpanan yang kecil, RAM ini  hanya dapat digunakan untuk komponen penting. RAM sering digunakan untuk memori cache. Selain itu, kecepatan SRAM dapat melengkapi kecepatan prosesor di atas 500MHz.

EDORAM (Extended Data Out Random Access Memory)

RAM dikembangkan pada tahun 1995 dan dapat membaca dan mentransfer data lebih cepat daripada jenis RAM lainnya. Ram ini memiliki slot pin 72-pin. RAM ini sangat cocok untuk dipasang di semua komputer Pentium, dan komponen ini juga cocok untuk dipasang di komputer dengan bus yang mencapai 66MHz.

FPM DRAM (First Page Mode RAM)

RAM ini merupakan bentuk awal dari DRAM. Kecepatan transfer maksimum untuk RAM ini adalah 1,2, 12 cache, mendekati 176MBps. FPM sendiri beroperasi pada rentang frekuensi 16-66 MHz dengan waktu akses hingga 50 ns.

Flash RAM

Jenis RAM ini adalah jenis memori kecil yang biasa digunakan di TV, VCR, dan ponsel lama. Memori ini biasanya dipasang pada perangkat yang memerlukan penyegaran  daya rendah.

VRAM (Video Graphics Random Access Memory)

VRAM adalah jenis memori yang digunakan untuk menyimpan data gambar yang ditampilkan pada monitor komputer. Secara umum, RAM ini bertindak sebagai buffer antara CPU dan kartu grafis.

DDR SDRAM (Double Data Rate SDRAM)

Memori  ini dikenal sebagai memori komputer yang sangat cepat. Jenis RAM ini  sangat cepat sehingga tidak heran  digunakan di berbagai perangkat. RAM ini dapat mengeksekusi dua instruksi secara bersamaan dalam unit waktu yang sama. Dengan total 184 slot pin dual in-line (DIMM), jenis RAM ini mengkonsumsi lebih sedikit daya. Kapasitasnya juga akan ditingkatkan secara signifikan menjadi 4GB.

SODIMM (Small Outline Dual Inline Memory Module)

Memori ini biasa digunakan untuk perangkat notebook. Bentuk fisik SODIMM kompak, biasanya setengah dari DDRRAM. Kapasitas tergantung pada ukuran kapasitas memori DDR komputer desktop. Ini adalah 10 jenis RAM yang perlu Anda ketahui untuk mempelajari komponen perangkat elektronik.

Sahabat techie kira kira menggunakan RAM yang mana? disamakan dengan kebutuhan kalian yaa! Semoga bermanfaat!