Halo sahabat techie, kalian tau gak sih sebenernya semua alat yang ada untuk digunakan  computer punya nama yang disebut sebagai peripheral. Nah apa sih peripheral itu? Yuk kita bahas!

Peripheral merupakan sebuah hardware atau perangkat keras yang dihubungkan melalui kabel untuk mendukung kalian dalam menjalankan aktivitas yang ada di computer. Nah peripheral sendiri dibagi menjadi 2 yaitu peripheral utama dan peripheral pendukung.

Peripheral utama yaitu peralatan hardware atau perangkat keras yang harus ada didalam computer seperti monitor, keyboard, dan mouse. Peripheral pendukung adalah peralatan hardware atau perangkat keras yang tidak harus ada didalam perlengkapan computer tetapi perlu digunakan untuk melakukan aktivitas lain seperti printer, scanner, modem, webcam, dan sebagainya.

Dalam keperluan gaming, peripheral juga mempunyai jenis khusus yang memang diciptakan untuk kerperluan gaming seperti mouse gaming, keyboard gaming, dan headset gaming serta mousepad. Apasih yang membedakan peripheral biasa dan peripheral khusus gaming?

  • Mouse gaming

Pada dasarnya, Mouse gaming diciptakan untuk menjadi alat yang membatu para pemain sehingga mendukung mereka agar bisa bermain game lebih nyaman. Biasanya yang membedakan mouse gaming dengan mouse biasa terletak pada sensor, DPI, dan tombol macro. Mouse gaming dilengkapi dengan sensor yang lebih cepat, dengan sensivity yang bisa diatur sehingga bisa mendapatkan akselerasi yang lebih tinggi juga stabil. Tombol macro juga berfungsi sebagai tombol yang digunakan untuk menjadi shortcut baru dan bisa diatur sesuai keinginan masing masing.

  • Keyboard gaming

Keyboard gaming dilengkapi dengan tombol macro sehingga para pengguna bisa menggunakannya sesuai dengan kebutuhan mereka. Selain itu, Keyboard gaming biasanya menggunakan switch mechanical sehingga para pemain dapat bermain dengan nyaman dan bisa merasakan “feel” memencet tombol dari keyboard tersebut.

  • Headset gaming

Berbeda dengan headset biasa, headset gaming diciptakan agar para pemain dapat merasakan suara yang lebih nyata sehingga seakan-akan para pemain dapat mendengar suara menjadi lebih jelas dan merasakan soundstage yang luas.

Nah gimana sahabat techie, sekarang kalian udah tau kana pa sih peripheral itu, dan perbedaan peripheral gaming dengan peripheral biasa. Sampai sini dulu ya artikel kita kali ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!