Hello sahabat techie! Kalian tau gak sih kalau layar LCD dan LED merupakan jenis layar monitor yang berbeda? kegunaan nya juga berbeda, sehingga digunakan untuk hal yang berbeda beda. Lalu apa sih perbedaan nya? Yuk mari kita bahas bersama!

Pada dasarnya, layar LCD & LED perbedaannya terlalu jauh dan tidak sama. LCD adalah singkatan menurut Liquid Crystal Display. Jenis layar monitor ini memakai latar cahaya putih atau dianggap white backlight/sidelight. Layar LCD terdiri menurut titik cahaya (piksel) pada jumlah poly. Masing-masing titik cahaya tersusun atas sebuah kristal cair, meskipun dianggap menjadi titik cahaya, kristal ini nir memancarkan cahaya sendiri. Sumber cahaya diperoleh menurut lampu neon berwarna putih yg terletak pada belakang susunan kristal cair. Titik cahaya yg jumlahnya sampai puluhan ribu tetapi terdapat beberapa yang jutaan yang membangun tampilan grafis dalam layar. Sementara itu, teknologi tidak sama diterapkan dalam layar LED. LED adalah singkatan menurut Light-Emitting Diode.

Layar LED cuma mampu memancarkan cahaya bila panel menerima arus listrik. Sehingga, cahaya yg diproduksi lebih efisien. Sebenarnya, layar LED adalah pengembangan menurut layar LCD. Pasalnya, layar jenis ini memakai panel LCD menggunakan LED menjadi asal pencahayaan.

Setelah mengetahui disparitas teknologi pada kembali  layar LCD & LED, sekarang   baiknya engkau  mengerti jua bagaimana disparitas keduanya yg lebih jelas. Merangkum menurut aneka macam asal, terdapat 3 perbedaan LCD & LED yg paling utama. Antara lain:

  •       Konsumsi Listrik

Jenis layar LCD dan LED dinilai lebih hemat energi dibandingkan bila menggunakan layar CRT. Bahan yang digunakan untuk setiap layar tidak memerlukan banyak daya untuk aktif secara permanen. Tetapi ketika membandingkan  keduanya,  layar LED jauh lebih ekonomis daripada LCD. Secara umum, konsumsi daya layar LED adalah 20% hingga 30% lebih rendah daripada konsumsi daya layar LCD.

  •       Ketebalan Layar

Jika dilihat sekilas mungkin akan susah menemukan disparitas menurut ketebalan antara 2 jenis layar ini. Dikarenakan 2 jenis layar telah menerapkan lapisan layar yg sama-sama tipis. Tapi, apabila diamati lebih teliti, baru kita mampu menerima perbedaannya.  Layar LED ukuran lebih tipis ketimbang LCD. Ini adalah imbas menurut penggunaan material LED pada pada layar. Dan lantaran disparitas material jua sebagai akibatnya membuahkan wadah buat membungkusnya punya berukuran tidak sama.

  •       Teknologi Cahaya Latar (Back Lightning)

Yang paling jelas menurut beda LCD & LED merupakan teknologi back light yg digunakan. Pada layar LCD, penyinaran diperoleh menurut Cold Cathode Flourscent Lamps (CCFL). Sedangkan LED mengandalkan materai Light Emiting Diode.

Perbedaan material ini yg mengakibatkan konsumsi listrik pada antara keduanya jauh tidak sama. Di mana layar LED membutuhkan lebih sedikit listrik dibandingkan LCD. Di samping itu, layar LED jua mampu membuat grafis menggunakan kualitas rasio yg lebih besar.

Alhasil, gambar dalam layar LED lebih tajam, detail, menggunakan kepadatan rona yg relatif tinggi. Bisa disimpulkan, listrik & ketajaman adalah 2 keunggulan yg dimiliki layar LED ketimbang LCD.