Sahabat techie tahukah kamu bahwa bintik putih pada monitor terjadi karena adanya jamur? Yap! ternyata hal tersebut memang benar adanya, karena terdapat jamur yang menempel pada bagian paling belakang di lapisan layar laptop kamu sahabat!

Apa Sih penyebabnya? penyebabnya adalah karena kelembapan udara di tempat kamu menyimpan laptop sahabat sehingga hal tersebut mendukung pertumbuhan jamur pada perangkat yang kamu miliki. 

Tapi kamu nggak perlu lagi bingung untuk mengatasi hal tersebut sahabat, yuk simak artikel berikut ini untuk mengetahui bagaimana cara membersihkan bintik putih pada LCD laptop:

1.Matikan Laptop

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mematikan laptop terlebih dahulu, kamu bisa membuka bezel layar laptop dengan menggunakan obeng jika terdapat baut pengait pada bagian bezel laptop.

2. Lepas Baut

Kamu bisa melepaskan baut pengait unit LCD bagian kanan dan kiri atas, bagian bawah bisa kamu biarkan untuk tetap terpasang dan kamu juga tidak perlu mencabut connector LCD.

3. Buka Selotip

Langkah selanjutnya adalah kamu harus membuka selotip pembungkus yang letaknya ada pada bagian atas LCD laptop kamu sahabat.

4. Ganti Background

Cobalah untuk mengganti background layar dengan warna yang cukup terang sahabat, karena dengan warna yang terang kamu bisa melihat white spot dengan jelas.

5. Buka Lapisan LCD

Bukalah lapisan LCD satu persatu dengan menggunakan kartu plastik. Untuk lapisan LCD biasanya terdapat 4 lapisan dan Jamur yang menyebabkan white spot biasanya terletak pada lapisan ke-4. 

6. Hidupkan Laptop

Setelah mencoba langkah diatas, kamu bisa menghidupkan kembali laptop dalam keadaan LCD tetap terbuka di setiap lapisannya.

7. Check Kembali

Kamu bisa mengecek kembali apakah ada bercak putih terlihat pada lapisan LCD, cobalah untuk mengambil air secukupnya dengan cotton bud dan gosok perlahan bagian putih tersebut sampai menghilang.

8. Keringkan

Setelah sudah membersihkan bagian putih pada lapisan LCD, kamu bisa mengeringkan dengan menggunakan tisu sampai bersih.

9. Rapatkan LCD

Langkah selanjutnya adalah dengan merapatkan sementara LCD, jika bercak putih sudah menghilang, cobalah untuk merapatkan kembali lcd laptop kamu dengan memastikan tidak ada debu dan air.

10. Selotip

Lakukan step terakhir dengan selotip kembali lapisan-lapisan LCD, setelah itu pasanglah baut yang sebelumnya sudah kamu lepas dan pasang kembali bezel seperti semula ya sahabat!

Nah itu dia cara membersihkan white spot pada layar laptop kamu sahabat, jika kamu merasa langkah diatas cukup rumit kamu bisa langsung membawa laptop kalian ke Pemmztechie dengan menghubungi nomor berikut ini, CS Pemmztechie tanjung duren 1/2:0852-8028-0100/0899-9999-279, Pemmztechie jaksel: 0817-1717-3669 dan Pemmztechie yogya: 0818463089.