Sahabat techie, kamu memiliki file yang penting dan tidak ingin orang lain dapat melihat dengan mudah? Jika iya, maka artikel ini merupakan sebuah solusi untuk kamu. Mengunci folder dengan password merupakan solusi  terbaik yang harus kamu lakukan. Berikut cara yang harus kamu lakukan.

1. Masuk ke Folder

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan masuk ke folder yang ingin dikunci file nya.

2. Buat Text

Selanjutnya adalah kamu perlu mengklik kanan pada area kosong, lalu pilih
“New” dan pilihlah New Text Document

3. Masukkan Script 

Kamu perlu memasukkan script Pengunci Folder dan Password dengan klik dua kali pada file New Text Document dan memasukkan script tertentu.

4. Simpan Text Document

Setelah memasukkan script ke dalam notepad dan mengganti password sesuai dengan yang kamu inginkan, cobalah untuk menyimpan dokumen dengan ekstensi atau akhiran.bat. Cobalah dengan klik pada menu file lalu pilih save as dan pilih all files dan beri nama FolderLocker.bat setelah itu cobalah untuk klik save. 

5. Eksekusi Script

Buka kembali folder yang tadi ingin dikunci, disana akan ada sebuah file yang baru dengan nama FolderLocker.bat, cobalah dengan untuk klik dua kali pada file tersebut untuk menjalankan script. Setelah itu akan ada sebuah folder baru yang dibuat secara otomatis dengan nama locker. Folder locker ini akan digunakan sebagai tempat menyimpan file yang ingin dikunci dengan password.

6. Masukkan file ke dalam folder Locker

Selanjutnya kamu bisa memasukkan file-file penting yang ingin dikunci kedalam folder locker ya sahabat.

7. Kunci Layar

Yang terakhir adalah coba untuk klik dua kali pada file FolderLocker.bat. Jendela command prompt akan muncul, ketik Y, lalu tekan Enter. Folder Locker akan hilang dari tampilan explorer. Folder ini sudah disembunyikan dan tidak akan bisa dibuka kecuali membukanya dengan password.

Jika kamu ingin memunculkan kembali folder locker, kamu bisa klik dua kali pada file FolderLocker.bat dan kemudian jendela command prompt akan muncul lalu ketik password dan tekan enter.

Itu dia tips untuk mengunci file kamu yang penting ya sahabat techie, jika kamu memiliki masalah pada laptop ataupun perangkat lainnya, kamu bisa langsung konsultasikan ke Pemmztechie dengan menghubungi nomor berikut ini, CS Pemmztechie tanjung duren 1/2: 0852-8028-0100/0899-9999-279, Pemmztechie jaksel: 0817-1717-3669 dan Pemmztechie yogya: 0818463089.