Motherboard adalah salah satu bagian terpenting dari sistem komputer. pada motherboard banyak komponen penting lain dari komputer yang disatukan sahabat techie, seperti CPU, memori dan konektor untuk perangkat input dan output. Ketika motherboard error, maka semua komponen akan ikut mati. untuk menghindari komputer yang mati karena motherboard kamu error, Pemmztechie akan membagikan ciri-ciri motherboard rusak, yuk simak :

  1. Gagal booting

Salah satu ciri-ciri motherboard yang rusak adalah menyebabkan komputer tidak bisa booting lebih dari layar BIOS. Motherboard yang rusak bisa menyebabkan hardisk atau RAM tidak terbaca sehingga komputer tidak bisa masuk ke desktop.

  1. System sering crash tanpa alasan

Ciri-ciri yang kedua adalah perangkat sering mengalami Crash/freezing tanpa alasan setelah digunakan dalam jangka waktu tertentu bisa menjadi salah satu ciri-ciri motherboard rusak.

  1. Blue screen of death

Blue screen of death atau biasa disebut BSOD biasanya muncul ketika terjadi kegagalan pada hardware atau driver yang korup, hal ini juga bisa menjadi pertanda bahwa chipset motherboard mengalami kerusakan.

  1. Tercium bau kabel terbakar

Jika kamu pernah mencium bau seperti ada kabel atau komponen elektronik yang terbakar maka bisa dipastikan adanya komponen yang mengalami overheat atau bahkan korslet, yang dapat menyebabkan motherboard menjadi error.

  1. Perangkat tiba-tiba berhenti bekerja

Salah satu tanda kerusakan pada motherboard adalah ketika motherboard gagal mendeteksi komponen lain seperti RAM, graphic card (VGA), network card, dan lain sebagainya.

  1. Suara beep ketika booting

Kegagalan motherboard biasanya menyebabkan munculnya suara bip satu kali, diikuti oleh tiga, empat atau lima. Empat bip, diikuti oleh dua, tiga atau empat bip menunjukkan masalah yang terjadi pada port paralel, yang juga menandakan bahwa motherboard mengalami kerusakan.

  1. PC atau laptop mati total

PC mati total tidak bisa hidup sama sekali. Bila hal ini terjadi, maka kalian perlu mengecek juga apakah motherboard mendapatkan suplai power dari PSU, karena kemungkinannya bisa dua hal yang terjadi, pertama motherboard yang rusak dan kedua terdapat PSU yang rusak.

Nah itu dia ciri-ciri motherboard kamu rusak sahabat, jika kamu memiliki masalah pada laptop ataupun perangkat lainnya, kamu bisa langsung konsultasikan ke Pemmztechie dengan menghubungi nomor berikut ini, CS Pemmztechie tanjung duren 1/2: 0852-8028-0100/0899-9999-279, Pemmztechie jaksel: 0817-1717-3669 dan Pemmztechie yogya: 0818463089.