Hallo sahabat techie! Hari ini kita akan membahas tentang fungsi dari antivirus dan seberapa pentingnya antivirus dalam komputer kalian! Yuk kita simak!

Antivirus adalah sebuah perangkat lunak yang diciptakan dengan tujuan untuk menahan virus masuk, dan menjaga serta memberi perlindungan pada keamanan data yang tersimpan dalam komputer.

Fungsi dari antivirus sendiri adalah untuk memberi perlindungan data pada komputer sehingga virus tidak bisa menyerang laptop. Biasanya, virus pada komputer akan menyebar melalui media penyimpanan seperti flashdisk, hardisk dan sebagainya. Sekarang ini virus juga bisa disebarkan melalui jaringan internet dan dengan media online dengan berbentuk seperti link Phising, mendownload data yang sumbernya tidak jelas dan sebagainya.

Efek dari komputer yang terkena virus sangat banyak seperti  kinerja komputer menjadi sangat lambat karena virus dapat menduplikasi dan mengganda kemudian tersebar ke dalam setiap komponen ruang dan media penyimpanan yang ada pada komputer.

Selain itu jika terkena virus akan banyak data yang tidak bisa dibuka, karena data tersebut telah terserang oleh virus yang mengakibatkan data file menjadi corrupt sehingga terjadi error. 

Hal lainnya, adalah banyak data yang akan terhidden atau disembunyikan oleh virus sehingga meskipun file dari data tersebut kecil atau kosong, tetapi jika dilihat dari properties di data tersebut akan mempunyai data yang jauh lebih besar karena sebagian isi dari data tersebut merupakan virus.

Komputer atau Laptop yang terjangkit dengan virus biasanya juga akan menampilkan beberapa desktop shortcut kosong tetapi memiliki data yang besar sehingga mengakibatkan kinerja komputer menjadi lambat. Efek yang bahaya lainnya jika laptop terserang virus adalah virus dapat memakan file atau data menjadi hilang.

Biasanya data yang hilang adalah data dengan format .exe, tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa format lainnya juga bisa diserang juga dan mengakibatkan data tersebut hilang.

Nah gimana sahabat techie, sekarang udah tau kan seberapa pentingnya antivirus pada laptop atau computer kalian. Sekarang ini juga sudah ada  berbagai perusahaan yang membuat software antivirus seperti Smadav, AVG, Avira, Norton, dan sebagainya.