Hallo sahabat  techie! Pastinya kalian mau dong perangkat dan gadget kalian kena virus. Nah tapi kalian tau gak sih sebenarnya virus itu ada banyak jenisnya. Mau tau apa aja? Yuk kita simak.

Biasanya komputer yang tidak dilengkapi dengan antivirus akan lebih rentan terkena virus. Virus pada komputer juga dibagi menjadi beberapa jenis sebagai berikut

  1.     Worm

Jenis virus worm merupakan jenis virus yang tidak terlalu berbahaya. Tetapi jika jenis virus ini dibiarkan akan mempunyai efek yang berbahaya. Jenis virus Worm akan menyerang system penyimpanan data pada komputer sehingga storage akan cepat penuh dan membuat system menjadi rapuh. Virus ini tersambung dengan internet dan dapat menginfeksi komputer melalui email. 

  1.     Trojan

Jenis virus ini dibuat dengan kemampuan untuk mengontrol virus tersebut. Virus ini biasanya digunakan untuk mencuri data yang ada pada komputer. Sama halnya dengan jenis worm, virus ini biasanya muncul melalui jaringan internet dapat disebarkan melalui email.

  1.     Backdoor

Virus dengan tipe backdoor memiliki sistem yang sama dengan Trojan. Yang membedakannya adalah jenis virus ini biasanya berbentuk seperti aplikasi seperti game dan lainnya.

  1.     Rogue

Rogue adalah jenis virus yang bisa dibilang cukup berbahaya. Virus dengan jenis Rogue biasanya meniru program antivirus dan menampilkan fitur layaknya anti virus normal.Tujuan dari virus Rogue adalah agar pengguna yang terserang jenis virus ini mengaktifkan antivirus palsu tersebut dengan cara membeli dan pembuat virus tersebut akan mendapatkan uang dari hasil antivirus tersebut.

  1.     Multipartite Virus

Jenis virus ini sering dijumpai pada komputer atau laptop. Virus ini bersembunyi pada data RAM. Jika tidak segera dibiarkan, virus ini akan merambah dan menyerang kebagian hardisk dan efek yang ditimbulkan oleh virus ini adalah secara otomatis akan mengunci aplikasi yang tersimpan dengan cara memformat otomatis pada hardisk tersebut.

Nah gimana sahabat techie, sekarang udah tau dong jenis-jenis virus pada komputer, meskipun masih banyak lagi jenis virus yang ada pada laptop dan computer, untuk mencegah adanya virus yang masuk sebaiknya kalian menggunakan anti virus dan tetap hati-hati pada saat mendownload sebuah data pada internet ya!