Hallo sahabat techie! Hari ini kita akan ngebahas nih kalo sebenernya mousepad memiliki berbagai jenis type loh! Mau tau ada jenis apa aja? Yuk kita simak!

Mousepad adalah alat yang digunakan sebagai alas mouse pada komputer untuk memberi kenyamanan saat digunakan, tetapi mousepad memiliki banyak jenis dan dibagi menjadi beberapa jenis yaitu berdasarkan bahan, surface atau permukaan, dan ukuran. Apa aja sih bedanya? Yuk kita bahas.

Mousepad berdasarkan bahan

  1.     Clothpad

Mousepad dengan bahan cloth secara fisik memiliki surface kain pada bagian permukaannya. Karakter yang dimiliki oleh mousepad jenis ini adalah menyajikan permukaan yang keset untuk movement yang cenderung lambat namun memiliki control yang baik.

  1.     Hardpad

Mousepad dengan bahan hardpad sangat berbeda jika dibandingkan dengan tipe cloth pad. Mousepad dengan tipe ini menyajikan movement yang cenderung cepat tetapi lebih susah dikontrol dibandingkan dengan tipe cloth pad, karena permukaannya biasa dibuat dari permukaan polycarbonate yang bertujuan untuk agar mousepad ini tetap awet dalam jangka waktu pemakaian yang Panjang.

Mousepad berdasarkan surface atau permukaan

  1.     Mousepad tipe control

Mousepad dengan tipe ini biasanya digunakan oleh orang atau para pemain esport yang menggeluti game dengan genre FPS, karena dalam genre tersebut tidak memerlukan akurasi yang tinggi, tetapi memerlukan control yang tinggi namun harus presisi, karena mouse yang digunakkan menggunakan bentuk pointer yang digunakan untuk menembak musuh.

  1.     Mousepad tipe speed

Tipe speed biasanya digunakan oleh para pemain esport dengan genre moba karena, mousepad ini mempunyai karakteristik yang membantu untuk menggerakan mouse lebih cepat. Umumnya, para pemain dengan genre MOBA tidak memerlukan akurasi yang tinggi, tetapi lebih membutuhkan pergerakan mouse yang lebih cepat.

Mousepad berdasarkan tipe ukuran

Jenis mousepad juga dibedakan berdasarkan ukuran, dimulai dari small, medium, large, dan extra large dan XXL. Ukuran pada mousepad juga mempunyai fungsi yang berbeda beda, tergantung dengan DPI pada mousenya. Jika pengguna mempunyai pergerakkan mouse dengan DPI yang kecil biasanya cocok dengan mousepad dengan ukuran XL-XXL karena membutuhkan permukaan yang besar dan juga sebaliknya.

Nah gimana sobat techie, sekarang udah tau kan perbedaan dari tipe tipe mouse pad tadi? Semua jenis tersebut mempunyai kebutuhan yang berbeda beda, jadi disesuaikan dengan kebutuhan kalian masing masing ya!