Halo sahabat techie!

Kamu pernah dengar istilah cache gak sih? kira-kira apa sih itu cache sahabat techie? 

Cache merupakan proses data yang disimpan secara temporary di device yang kita miliki, sehingga kita dapat mengakses website dengan lebih cepat. Tetapi apabila device kita mulai lambat, disarankan untuk menghapus cache.

Tapi tahukah kamu jika cache membuat kita lebih mudah dan mempercepat saat kita ingin mengakses data karena ada di data lokal? 

Berikut Pemmztechie jelaskan manfaat dari cache itu ada banyak loh! Bahas bersama yuk!
  1. Fungsi dari cache pada aplikasi adalah untuk mempercepat waktu dalam membuka aplikasi dan menyimpan suatu informasi yang dibutuhkan. 
  2. Manfaat penggunaan cache adalah meningkatkan performa sistem device kita. Seperti pada penjelasan cara kerja, adanya cache membuat proses kerja browser dan device lebih ringan. 
  3. Menghemat Data dapat berguna dan dilakukan karena adanya cache, sistem tidak perlu meminta informasi yang sama ke server berulang kali. Dan untuk penggunaan pada browser atau search engine yang biasa nya membutuhkan akses internet, hal ini tentu nya dapat membantu menghemat data. Terlebih lagi, jika internet digunakan pada smartphone yang sebagian besar aplikasi lain selalu dalam keadaan aktif akan membuat kebutuhan data tanpa cache menjadi lebih besar. 
  4. Pada aplikasi yang diakses online, adanya cache bisa membantu memudahkan penggunaannya. Terutama, saat koneksi terputus sehingga akses tetap mudah dilakukan.
Cache sendiri juga memiliki beberapa kelemahan, yang perlu kamu perhatikan loh sahabat techie, berikut beberapa kelemahan dari cache
  1. Meskipun caching bisa meningkatkan kinerja penelusuran web, caching juga bisa membuat device kita lebih rentan terhadap hackers. Karena laman web di cache dalam browser, yang umumnya bisa mengandung informasi rahasia dan sensitif.
  2. Penggunaan browser yang dibiarkan tanpa pengawasan kita dan kemudian ditinggalkan dapat membuat pengguna atau user lain melakukan akses pada komputer yang digunakan bersama, pengguna lain bisa menggunakan history sebelumnya dari cache browser.
  3. Cache juga menghabiskan storage kita, walaupun memiliki ukuran data yang kecil, seiring waktu dan sering nya penggunaan, data akan menumpuk dan membuat storage penuh. Data yang awalnya hanya 20mb bisa menjadi 300mb
  4. Ada beberapa kejadian dimana cache yang terlalu bertumpuk membuat error yang biasanya membuat browser not responding.

Saat cache sudah memakan data, kita dapat melakukan clear cache atau membersihkan data cache di berbagai device. Bagaimana caranya? 

  • Chrome

  1. Buka Chrome, klik tiga titik vertikal di sudut kanan atas.
  2. Buka “More tools”
  3. Pilih “Clear browsing data”
  4. Centang pada kotak Cookie dan plug-in situ

Mulai dari menghapus data di hari sebelumnya hingga dari awal menggunakan browser. Setelah menentukan pilihan tersebut, klik “Clear data”.

  • Pada Windows 10:

  1. Klik logo Windows di pojok kiri bawah desktop Anda, lalu klik opsi Settings.
  2. Pada jendela Settings, klik menu System.
  3. Klik tab Storage. Anda perlu menunggu beberapa detik agar datanya muncul. Setelah itu, pilih menu Temporary Files. Pada menu ini, Anda dapat melihat ukuran dari file-file temporary yang ada. Windows mencentang otomatis jenis file aman untuk dihapus tanpa kehilangan data penting, seperti Downloads.
  4. Pilih file yang ingin dihapus, klik Remove Files.
  5. Anda tinggal menunggu proses membersihkan cache selesai.
  • Smartphone Android

Pada beberapa smartphone Android, ada cara hapus atau clear cache otomatis dengan aplikasi Cleaner bawaan pabrik.

Selain menggunakan aplikasi khusus, Anda juga bisa hapus cache per aplikasi dari menu Settings. Kemudian buka menu Apps > Manage Apps, dan pilih aplikasi yang Anda ingin hapus cachenya. Sebagai contoh, mari coba pada aplikasi GMail.

Klik icon Gmail dan pilih opsi Clear data > Clear cache. Jangan pilih Clear all data, karena opsi ini akan menghapus semua riwayat penggunaan Anda beserta data-data penting yang tersimpan. Tunggu hingga proses membersihkan cache selesai.

Itu dia penjelasan tentang cache dan cara untuk clear cache di berbagai device kalian, sahabat techie! Gimana nih kalian sudah clear cache belum untuk meringankan device kalian? 

Jika kamu memiliki masalah pada laptop ataupun perangkat lainnya, kamu bisa langsung konsultasikan ke Pemmztechie dengan menghubungi nomor berikut ini, CS Pemmztechie tanjung duren 1/2: 0852-8028-0100/0899-9999-279, Pemmztechie jaksel: 0817-1717-3669 dan Pemmztechie yogya: 0818463089.