Hallo sahabat techie! Hari ini kita akan ngebahas apa sih yang membedakan IEM dengan Earphone biasa? Yuk kita simak!

IEM merupakan singkatan dari In-Ear-Monitor yang biasa digunakan untuk memonitoring suara, dan biasanya digunakan oleh para musisi untuk memonitoring suara di panggung.

Secara perbedaan, IEM memiliki noise-isolation yang jauh lebih redam dibandingkan dengan earphone biasa pada umumnya. Suara yang dihasilkan oleh IEM cenderung lebih redam karena efek noise-isolationnya dengan frekuensi yang lebih rendah sehingga suara bassnya terdengar jauh lebih jelas. Secara teori karakteristik dari IEM memiliki bass yang lebih besar dibandingkan dengan lainnya.

Kekurangan yang dimiliki oleh IEM adalah IEM memiliki kualitas soundstage yang rendah. Soundstage yang dihasilkan oleh IEM tidak seluas earphone pada umumnya, karena IEM memiliki tujuan utama untuk memonitoring suara, bukan untuk mendapatkan soundstage yang luas.

Tetapi sekarang ini seiring dengan perkembangan teknologi dan jaman, tidak semua IEM memiliki ketajam suara bass yang rendah sehingga semua orang bisa menggunakan IEM dengan nyaman sesuai kebutuhan mereka. Biasanya, IEM mempunyai frekuensi suara yang lebih lengkap dibandingkan dengan earphone biasa dan memiliki komposisi suara yang lebih lengkap dan detail.

IEM memiliki teknologi yang bisa dibilang lebih maju dibandingkan dengan teknologi yang terdapat pada earphone. Sebagai contoh, biasanya IEM memiliki teknologi bernama multi driver dimana memiliki banyak driver untuk memiliki tingkat frekuensi yang berbeda beda seperti frekuensi rendah, frekuensi menengah, dan frekuensi tinggi. Makanya tidak heran banyak para musisi menggunakan IEM untuk memonitoring suara saat berada diatas panggung.

Jenis-jenis IEM juga ada banyak variasi dan beragam. Biasanya yang dijual dipasaran memiliki variasi seperti dynamic drive dan balance immature. Ada juga jenis IEM dengan variasi dan tipe lain seperti electrostatic driver dan planar driver. Semua jenis IEM tersebut memiliki karakteristik yang berbeda – beda tergantung dengan kebutuhan setiap penggunaannya.

Nah, gimana sahabat techie? Sekarang udah tau kan apa itu fungsi dari IEM dan apa bedanya ama earphone biasa. Sekarang ini sudah banyak banget IEM yang dijual di pasaran dengan berbagai harga tergantung dengan kebutuhannya! Sampai sini dulu ya pembahasan kita kali ini, sampai jumpa di artikel berikutnya!