Hallo sahabat techie, hari ini kita akan ngebahas tentang apa sih fungsi dari DDR Ram dan DDR VGA? Nah pastinya kalian sudah tau dong RAM dan VGA merupakan salah satu komponen dari PC yang mempunyai fungsi yang berbeda dan penting. Nah yuk kita simak penjelasannya!

DDR Sendiri merupakan singkatan dari double-data-rate, dan memiliki pengertian dimana sebuah proses dalam komputer yang mentransfer instruksi data dalam 2x untuk satu siklus clock yang selalu dikaitkan dengan RAM dan VGA.

Untuk memahami fungsi DDR sebelumnya ada istilah yang bernama SDR atau Single-Data-Rate, dimana system tersebut hanya dapat mentransfer 1 sinyal data dalam setiap satu siklus clock. DDR merupakan perkembangan dari SDR dengan perkembangan yang mampu untuk mentransfer data 2 kali pada setiap siklus clocknya.

Sekarang ini, system DDR sudah memiliki banyak kode seperti DDR, DDR2, DDR3, DDR4, dan DDR5. Yang membedakan dari itu semua adalah kecepatan transfer datanya yang berarti semakin tinggi, maka akan semakin tinggi juga kecepatan transfernya.

Nah, berikut merupakan kecepatan transfer data dari masing-masing DDR di setiap VGAnya.

DDR memiliki kecepatan mencapai 400 MHz, DDR2 memiliki kecepatan antara 400 sampai 1000 MHz, DDR3 memiliki kecepatan antara 1200 sampai 1800 MHz, DDR4 memiliki kecepatan antara 1800MHz, dan DDR5 yang dipakai di ATI Radeon memiliki kecepatan yang berbeda tinggi, yaitu 3600 sampai 4000 MHz atau 4 GHz.

Semakin cepat sebuah DDR pada VGA, maka akan semakin cepat juga system transfer datanya. Baik itu motherboard yang masih menggunakan memory RAM jenis DDR2 ataupun yang sudah diatasnya, maka tetap bisa untuk menggunakan jenis VGA dengan DDR manapun. Jenis RAM yang terdapat pada VGA tidak ada hubungannya dengan jenis RAM pada motherboard sehingga tidak akan mengganggu performanya.

Sekarang udah tau kan fungsi dari DDR pada RAM, terutama pada VGA, sebenarnya semua itu tergantung untuk kebutuhan masing-masing, jadi kalian juga bisa menyesuaikannya juga. Sampai sini aja ya artikel yang kita bahas hari ini, sampai jumpa di artikel selanjutnya!