Sahabat techie di teknologi yang sudah maju ini tentunya windows 10 sudah memiliki windows defender yang memiliki fungsi utama yaitu untuk anti virus pada laptop kita yang disediakan oleh sistem operasi windows  secara default , yuk mari kita simak bersama-sama apa itu windows defender pada PC atau laptop.

windows defender akan secara otomatis membuka dan mendownload dari windows update lalu anti virus yang melindungi laptop dari ancaman virus laptop anda seperti malware untuk membantu memindai atau scanning.

Windows Defender umumnya tidak kalah dari antivirus yang terkenal lainnya seperti Avira dll. terutama windows defender merupakan antivirus bawaan dari software gratis bawaan os windows. windows defender juga akan menyala secara otomatis untuk mengupdate software dan database antivirus ketika kita sedang online, sehingga kalian tidak perlu khawatir jika virus kalian menumpuk. 

Fitur-fitur yang terdapat di Windows Defender 

  1. melakukan scan terhadap ancaman pada laptop seperti malware,virus dll.
  2. dapat melihat semua permasalahan pada laptop dengan scanning dan menindak lanjuti permasalahan pada laptop seperti penghapusan data atau menghapus ancaman pada laptop. 
  3. melihat bentuk data yang identifikasi yang dapat menjadi ancaman pada laptop yang anda dapat putuskan untuk tetap berjalan di laptop anda atau menghapusnya. 
  4. melihat berapa banyak data yang dipindah sebelum akhirnya dihapus atau tetap digunakan dan menjalankan jenis pemindahan khusus direktori tertentu. 

Walaupun Windows defender dapat melakukan pemindahan secara otomatis anda juga dapat melakukan pemindahan secara manual, terdapat beberapa jenis pemindahan yaitu : 

  • Pemindaian Cepat 

Jika kalian merupakan orang yang cukup buru-buru namun tetap khawatir terhadap virus baru pada laptop kalian, kalian dapat melakukan pemindahan cepat agar tidak memakan waktu lama untuk mendeteksi data atau virus pada laptop.

  • Pemindaian Lanjutan-Pemindahan penuh 

Fitur pemindahan ini dapat memindahkan seluruh file atau program yang sedang berjalan pada laptop untuk memastikan tidak ada yang berbahaya pada proses tersebut. 

  • pemindaian lanjutan-pemindahan khusus 

pemindahan khusus ini biasanya dapat dilakukan oleh kalian untuk pemindahan file atau drive mana saja yang ingin dipindah. 

  • Pemindaian Windows Defender Offline 

Fitur ini untuk anda yang ingin melakukan pemindaian pada laptop kalian yang terkena virus baru namun tanpa menggunakan koneksi internet. 

Anda  dapat melindungi laptop kalian dengan definisi baru, definisi merupakan sebuah database yang berupa file yang memberikan data informasi terbaru yang dapat menginfeksi perangkat kalian. Windows Defender juga dapat secara otomatis mengunduh definisi tetapi juga dapat mengunduhnya dengan cara manual.