Kenapa sih kok bisa laptop menjadi lemot banget? 

Ternyata ada beberapa cara untuk menangani laptop lemot dengan cara yang sederhana dan tanpa harus membawa ke tempat service. berikut tips dari kami : 

1.pasang software yang cocok dengan laptop.

Dalam menghindari laptop yang lemot pertama kita harus mengetahui spesifikasi dari laptop yang kita punyai, mulai dari software dan aplikasi apa  saja yang cocok.

Untuk aplikasi yang ringan seperti basic editing dll, dan untuk edit dan menggunakan aplikasi yang berat membuat laptop menjadi berat. terlebih lagi jika laptop memiliki spek standar tapi memaksakan untuk menginstal aplikasi lain yang ukurannya lebih berat akan membuat laptop lebih lemot. jadi periksa lagi aplikasi dan spek yang sesuai dengan standart. 

2. hapus file dan aplikasi yang tidak digunakan 

Dengan menghapus beberapa program,file atau aplikasi yang tidak digunakan karena dengan menghapusnya membuat laptop lebih cepat karena hal tersebut membuat harddisk laptop bekerja lebih baik dalam waktu singkat.   dengan cara menghapus di kapasitas drive C di File.

3. Gunakan Anti Virus 

salah satu penyebab yang dapat terjadi bisa karena terserang virus atau malware untuk mencegah penurunan pada performa laptop, usahakan untuk memasang anti virus agar terhindar dari berbagai macam virus yang dapat menyerang. 

4. Tambah RAM 

Umumnya laptop memiliki RAM 2-4 GB namun dengan RAM demikian akan kurang untuk beberapa orang sehingga membutuhkan laptop dengan RAM 8 GB yang lebih tinggi jika memiliki kegiatan yang multitasking.

Untuk saat, RAM 8 GB saat ini sudah sangat cukup untuk mengatasi pekerjaan, namun jika anda membutuhkan sistem proses yang lebih cepat  anda dapat mempertimbangkan dengan mengupgrade RAM ke 16 atau 32GB. Karena semakin besarnya RAM pada laptop,semakin hebat dan cepatnya kemampuan laptop dalam menjalankan program. 

5. Ganti Memori HDD ke SSD

Laptop lemot dapat terjadi karena harddisk HDD yang memiliki kecepatan yang lebih lambat dibandingkan dengan SSD, sehingga dengan mengganti penyimpanan HDD menjadi SSD akan membantu booting pada laptop lebih cepat. walaupun harganya lebih mahal tetapi akan membuat laptop menjadi tidak lemot dan lebih responsif tidak bug. 

selain itu, bisa digunakan berbagai macam cara lain seperti menghapus cache pada laptop atau menggunakan cooling pad agar laptop tidak panas yang dapat menyebabkan laptop.

Jika kamu memiliki masalah pada laptop ataupun perangkat lainnya, kamu bisa langsung konsultasikan ke Pemmztechie dengan menghubungi nomor berikut ini, CS Pemmztechie tanjung duren 1/2: 0852-8028-0100/0899-9999-279, Pemmztechie jaksel: 0817-1717-3669 dan Pemmztechie yogya: 0818463089.