Halo sahabat techie!

Artikel Pemmztechie kali ini akan membahas mengenai monitor nih! Teman-teman tau dong monitor itu apa?, atau buat yang belum tau yuk simak artikel berikut ini.

Monitor adalah hardware yang digunakan untuk menampilkan grafis atau visual dari teks, gambar, ataupun video. Jadi layar komputer kita lah yang disebut sebagai monitor.

Jenis-jenis dari monitor sendiri beragam, dan panel nya juga berbeda. Panel yang berbeda pastinya membuat kita bingung untuk memilih kalau lebih baik membeli atau menggunakan yang mana, cocok seperti apa dan pasti banyak hal lain yang membuat kita mempertimbangkan monitor yang sesuai.

Semua monitor menggunakan teknologi TFT LCD (Thin Film Transistor Liquid Crystal Display) sebagai inti dan untuk panel sendiri memiliki 3 jenis yaitu TN, VA dan IPS. Lalu apa bedanya ketiga panel monitor ini?

Yuk simak penjelasan berikut!

  • TN : Twisted Nematic 

Panel ini merupakan panel tertua dan paling banyak digunakan, dengan harga yang murah dan memberikan respons yang cepat. Untuk FPS atau Frame Per Second dari panel ini sendiri dapat mengelola 240Hz dimana menjadi satu-nya panel yang dapat mengelola 240Hz dan respons pembaruan pixel 1ms atau lebih. Hanya saja, untuk warna dari panel ini masih kurang, sehingga warna yang ditampilkan kurang akurat dan sudut pandang yang terbatas membuat perubahan yang signifikan saat dilihat dari arah lain.

  • VA : Vertical Alligment

Panel VA bisa dibilang berada ditengah-tengah diantara panel VA dan IPS karena bukan yang terbaik tetapi juga bukan yang terburuk, dengan panel dengan kontras dan serta viewing angles yang lebik baik sehingga ruang warna yang dimiliki luas tetapi memiliki tingkat brightness yang tidak merata. Tetapi VA sendiri memiliki kecepatan dibawah TN yaitu response rate 2-3ms dan FPS 200Hz. Untuk panel ini sendiri bagus untuk konten HDR, dan memiliki black levels serta contrast yang tinggi.

  • IPS : In Plane Switching

Peringkat pertama untuk kinerja warna yang paling bagus jatuh kepada IPS! Kualitas gambar, keakuratan warna dan memberikan ruang warna yang lebih bagus, kecepatannya bisa dibiang sama dengan VA walaupun tetap dibawah TN. Untuk IPS sendiri dapat melakukan konten HDR terbaik dan cocok untuk pekerjaan atau kegiatan yang membutuhkan warna yang akurat dan konsisten 

Nah, itu dia perbedaan monitor TN, VA dan IPS. Kira-kira sobat techie pakai yang mana? Atau sedang memikirkan untuk beli yang baru?

Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kita semua ya, sahabat techie!