Halo sahabat Techie

Kalau kalian pengguna PC atau Laptop pasti tau dong kalau keyboard merupakan bagian penting dari laptop atau PC. Tapi kalian pernah denger gak sih yang namanya switch keyboard mekanikal? Switch sendiri adalah bagian yang berada dibawah keycaps keyboard yang berfungsi untuk command atau perintah yang dapat dilihat di layar monitor kalian!

Mekanikal keyboard berbeda dengan keyboard pada umumnya, para gamers pasti tidak asing lagi dengan mekanikal keyboard karena banyak digunakan oleh para gamers untuk memainkan game dengan lancar dan switch pada mekanikal keyboard juga beragam loh!

Switch mekanikal keyboard dibedakan dengan berbagai warna yang digunakan dan tentu nya memiliki ciri khas yang berbeda, kalau kata para gamers dan mimin sih sensasi nya beda beda gitu deh. Nah dari berbagai warna yang ada dari switch mekanikal keyboard, ada 3 yang paling populer yaitu brown, blue dan red.

Apasih perbedaan diantara ketiga warna itu? Yuk simak penjelasan berikut!

  • Brown Switch

Yang pertama akan kita bahas, brown switch. Sebenarnya, brown switch adalah gabungan diantara blue dan red switch! Dengan sensasi tactile seperti brown switch tetapi silent click atau minim suara seperti red switch, dengan ada feel bump saat ditekan.

  • Blue Switch

Kalau blue switch disebut juga tactile karena sensasi yang seperti menekan balik saat kita menekan switch ini, dengan suara ‘klik’ yang selalu terdengar, mungkin agak berisik switch jenis itu paling populer diantara tiga ini dan punya nama lain clicky switch.

  • Red Switch

Nah kalau red switch dikenal dengan linear dan switch ini minim suara, lalu respon dari red switch sangat cepat walaupun membutuhkan tenaga yang lebih besar untuk menekan switch ini.

Nah itu dia sahabat techie pengertian tentang switch mekanikal keyboard, sebenarnya masih banyak varian lain seperti yellow dan black. Kriteria dari ketiga switch diatas bisa saja berbeda sesuai dengan produsen, dan brand yang mengeluarkan. 

Kalian yang sudah pakai mekanikal keyboard paling suka pakai switch yang mana? Dan yang belum, tertarik tidak untuk menggunakan switch mekanikal keyboard? Yuk tinggalkan komentar!

Sampai ketemu di artikel lainnya, sahabat techie!