Sahabat techie kamu pernah nggak sih mengalami windows yang sering crash? Hal tersebut terjadi karena disebakan berbagai macam faktor loh. Apa ajasih faktor- faktor nya? Yuk coba simak artikel berikut ini ya untuk mengetahui penyebab windows kamu sering mengalami crash!

  1. RAM atau Motherboard bermasalah

Biasanya jika windows kamu sering mengalami crash, maka terdapat masalah pada RAM (Random Access Memory) yang ditandai dengan adanya pesan seperti “Fatal Exception Error”.  Yang berarti terdapat kerusakan pada salah satu atau mungkin beberapa stik RAM yang tertanam pada motherboard, hal lain yang bisa terjadi dikarenakan slot RAM yang kotor sehingga sering terjadi mati nyala pada perangkat.

  1. Drive Bermasalah

Driver sendiri berfungsi untuk melakukan sinkronisasi antara perangkat fisik dengan windows sehingga hardware bisa terdeteksi dan berjalan dengan lancar seperti yang seharusnya. Baisanay driver yang bermasalah akan menyebabkan beberapa kesalahan ketika mendeteksi hardware yang terpasang, dan mengakibatkan timbulnya crash, freeze dan muncul BSOD pada sistem.

  1. Hard Disk Bermasalah

Hard Disk error biasanya ditandai dengan sistem yang sering mengalami freeze alias tidak responsif, dan ketika membuka file explorer akan memakan waktu yang sangat lama, terutama pada drive yang menggunakan harddisk tersebut.

  1. Overheat

Masalah overheat biasanya terjadi karena terdapa beberapa hal yang menyebabkan seperti ruang dalam PC yang terlalu berdebu, ventilasi yang buruk, kipas mati, thermal paste yang kering dan tentunya kotoran yang menghambat.

  1. Infeksi malware

Virus atau malware sendiri biasanya bekerja dibelakang layar, seperti membuat duplikat file secara terus menerus, mengakses internet atau aplikasi tanpa henti yang akan membuat beban kinerja PC atau laptop menjadi sangat berat dan menyebabkan carsh.

  1. Kesalahan Registry

Hal ini biasanya disebabkan karena terlalu banyak software yang diinstall atau uninstall yang dilakukan tidak sempurna, sehingga akan menjadi berantakan.

  1. Konflik pada Software

Biasanya hal ini terjadi karena disebabkan oleh pemrograman software yang tidak sempurna, atau instalasi yang tidak sempurna.

Itu dia sahabat techie hal-hal yang menyebabkan windows kamu seringkali mengalami crash. Jika kamu memiliki masalah pada laptop, kamu bisa langsung konsultasikan ke Pemmztechie dengan menghubungi nomor berikut ini, CS Pemmztechie tanjung duren 1/2: 0852-8028-0100/0899-9999-279, Pemmztechie jaksel: 0817-1717-3669 dan Pemmztechie yogya: 0818463089