Halo sahabat techie! Pastinya kalian tau kan kalo peran GPU pada PC atau laptop sangat penting. Nah tapi kalian tau gak sih kalo sebenernya gpu yang dipakai di PC dan Laptop itu punya perbedaan yang signifikan loh. Mau tau apa aja perbedaannya? Yuk kita simak!

Dalam merakit atau membeli PC dan laptop, semuanya pasti sudah tahu bahwa GPU mempunyai peran penting dan harus diperhatikan, karena memiliki efek yang sangat krusial untuk kedepannya. Pada dasarnya, GPU yang dibuat dan diciptakan untuk laptop dibuat dengan seefisien mungkin karena laptop diciptakan untuk melakukan aktivitas mobile sehingga dibutuhkan mobilitas yang tinggi. 

Laptop didesain sedemikian mungkin dalam hal penggunaan dayanya, dan sudah pasti performa yang dihasilkan GPU pada laptop akan jauh lebih berbeda jika dibandingkan dengan GPU yang diciptakan khusus untuk GPU PC. 

GPU yang ada pada laptop memiliki bentuk fisik yang kecil dan menyatu dengan mainboard sehingga mungkin tidak bisa atau sulit untuk dilepaskan atau diganti. Umumnya GPU yang ada pada laptop memiliki performa yang berbeda jauh dibanding dengan GPU pada PC meskipun memiliki kode yang sama. Perbedaan tersebut berada pada berbagai aspek seperti Bandwidth memory, kecepatan jam, Unit texturing, tingkat texture, skor PassMark, dan masih banyak lagi.

Berbeda dengan GPU yang ada pada PC atau desktop gaming, Jenis GPU ini terbilang besar tergantung dengan produknya. Sistem GPU pada PC memiliki biasanya dapat menghasilkan suhu panas yang tinggi, tetapi bisa diredakan karena GPU PC atau desktop gaming memiliki sistem pendingin sendiri berupa kipas dan heatsink. 

Selain itu, sistem pendingin tersebut juga didukung melalui casing pada PC sehingga memiliki sirkulasi udara yang baik, dan panas dapat diserap secara maksimal. Berbeda dengan GPU pada laptop yang memiliki bentuk GPU yang kompak, sehingga panas yang terjadi pada GPU kurang dapat bisa ditangani secara efisien karena bentuk dari laptop yang compact dan komponennya tersusun rapat.

Sekarang kalian tau kan perbedaan dari kedua GPU tersebut?  jika kamu memiliki masalah pada laptop ataupun perangkat lainnya, kamu bisa langsung konsultasikan ke Pemmztechie dengan menghubungi nomor berikut ini, CS Pemmztechie tanjung duren 1/2: 0852-8028-0100/0899-9999-279, Pemmztechie jaksel: 0817-1717-3669 dan Pemmztechie yogya: 0818463089.