Apasih harddisk itu? Harddisk merupakan sebuah komponen yang berfungsi untuk menyimpan data yang terdiri dari piringan magnetis. Harddisk juga membantu untuk menyimpan sistem operasi, software-software pendukung, hingga berbagai file yang sangat penting.

Tapi apakah kamu tahu kalau harddisk memiliki berbagai macam jenisnya? Apa ajasih jenis-jenis nya? Yuk simak artikel berikut ini untuk mengetahui hal tersebut:

  1. Harddisk ATA/AIDE

Harddisk ATA merupakan Advanced Technology Attachment dan AIDE yaitu Enchanced Integrated Drive Electronic yang memiliji standar baku yang digunakan pada antarmuka berbasis koneksi bus. Disk ini diciptakan agar mampu bekerja menggunakan bus PCI. Biasanya harddisk ini digunakan pada personal computer dan keuntungannya yaitu memiliki harga yang lebih murah. Kekurangannya adalah harddisk ini memiliki dua kontroler atau lebih untuk sekedar meningkatkan performa.

  1. Harddisk SCSI

Harddisk SCSI memiliki performa yang lebih baik dibanding ATA, memiliki kelebihan untuk menjalankan beberapa disk drive yang aktif secara bersamaan. Biasanya hal tersebut terjadi karena setiap disk hanya aktif jika drive digunakan untuk transfer data. Harddisk ini memiliki cara kerja jika adanya permintaan besar-besaran untuk beberapa file kecil pada komputer server.

  1. Harddisk RAID

Harddisk ini memiliki performa dan tenaga yang kuat dan handal untuk menyimpan berbagai file besar. Disk ini dapat bekerja dengan baik walaupun ketika komputer dipaksa untuk memacu performa tinggi.

  1. Harddisk SATA

SATA yaitu Serial Advanced Technology Attachment adalah versi interface terbaru dari ATA. Kelebihannya adalah disk ini menggunakan dua pertiga bagian dari ATA. Harddisk memiliki kecepatan tinggi karena memiliki kemampuan untuk mengurangi latensi atau delay. Dalam transfer data, disk ini akan mengurutkan data secara parallel tanpa menggunakan master atau slave, sehingga kabel SATA ini hanya bisa digunakan untuk satu harddisk.

  1. Harddisk SSD

Harddisk SSD sendiri menggunakan memori komputer atau USB drive. Harddisk ini niasanya tidak menggunakan komponen mekanik didalamnya. Disk ini juga memiliki kecepatan transfer yang cepat dan harga yang juga lebih mahal dibanding disk lainnya.

Jika kamu memiliki masalah pada laptop, kamu bisa langsung konsultasikan ke Pemmztechie dengan menghubungi nomor berikut ini, CS Pemmztechie tanjung duren 1/2: 0852-8028-0100/0899-9999-279, Pemmztechie jaksel: 0817-1717-3669 dan Pemmztechie yogya: 0818463089.